Halal Bihalal Ikatan Persaudaraan Merauke Anim Jayapura

Melanesiatimes.com – Dalam rangka menjalin silaturahmi dan mempererat rasa kekeluargaan, Ikatan Persaudaraan Merauke Anim (IPMA) Jayapura menyelenggarakan kegiatan Halal Bihalal Tahun 2024 di Panggung Pemda Kota Jayapura, Rabu, (01/05/2024).

Bacaan Lainnya

Acara yang dikemas dalam suasana santai namun terlihat mewah itu, mengusung tema “Taburkan Maaf, Sucikan Hati dalam Indahnya Keragaman dan Kebersamaan Silaturahmi”. Tema ini merupakan sebuah ajakan sekaligus panggilan untuk persaudaraan sejati.

Pasalnya sebagai ajakan, kita semua diundang untuk saling memaafkan, saling melupakan kesalahan dan mengampuni orang lain. Sementara, “Sucikan hati” mengacu pada proses membersihkan dan memurnikan hati dari segala hal negatif seperti dendam, kebencian, iri hati, dan ketidakpuasan. Di acara Halal Bihalal, setiap orang diajak untuk introspeksi diri, memaafkan, berbuat baik kepada orang lain, dan memperkuat hubungan dengan Tuhan. Karena dengan memperoleh hati yang suci, seseorang diharapkan bisa mencapai kedamaian batin dan kebahagiaan yang lebih tinggi.

Untuk itu, Sesepuh dan pengurus IPMA Jayapura merasa terdorong untuk mengadakan acara Halal Bihalal, kendatipun Hari Raya Idul Fitri telah usai, namun momentum saling memaafkan dan membangun hubungan baik antar sesama orang Merauke Anim Jayapura harus terus dipupuk.

Dalam keterangannya, Sesepuh IPMA, Umar Alkatiri mengungkapkan bahwa ada banyak orang Merauke Anim yang tinggal di Kota-Kabupaten Jayapura namun karena jarak sehingga pada hari raya Idul Fitri mereka tidak sempat saling mengunjungi, saling menyapa satu dengan yang lain. Maka, bertepatan dengan Hari Buruh Se-dunia (01/05/2024), ini dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi antar sesama orang Merauke Anim di Jayapura.

“Ada banyak orang Merauke yang tinggal di Jayapura, yang jarang bersilaturahmi, dan banyak juga yang hidupnya terpencar-pencar, sehingga pada hari raya Idul Fitri lalu, tidak sempat saling berjabatan tangan. Untuk itu, kami berinisiatif membuat acara halal bihalal ini, dengan tujuan meningkatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan, menggalang kerukunan sesama orang Merauke yang ada di Jayapura untuk saling bermaaf-maafan di hari Halal Bihalal ini.”

Alkatiri berharap agar dengan adanya kegiatan ini, kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan sesama orang Merauke semakin ditingkatkan dan menjadi kekuatan dalam hidup keberagaman.

Senada dengan itu, Ketua IPMA, Ibu Nurmaida Purba dalam sambutannya mengatakan bahwa acara halal bihalal yang diselenggarakannya merupakan upaya selain untuk menjalin silaturahmi, tetapi juga membangun persaudaraan yang erat antar sesama orang Merauke Anim di Jayapura.

Jerry Jasu dan Umar Alkatiri. Mantan ketua dan Sekretaris IPMA Jayapura Periode sebelumnya. Sekarang sebagai Penasehat.

Dikatakannya menjalin silaturahmi adalah proses untuk memelihara hubungan baik dengan orang lain, baik itu keluarga, teman, tetangga, atau rekan kerja. Hal ini melibatkan interaksi yang ramah, saling mengunjungi, bertukar kabar, dan mendukung satu sama lain dalam berbagai kegiatan. Silaturahmi juga mencerminkan nilai-nilai sosial seperti kebersamaan, empati, dan saling menghormati. Sementara persaudaraan adalah ikatan emosional yang erat antara anggota keluarga, teman, atau komunitas yang saling mendukung, memahami, dan peduli satu sama lain. Ini mencakup rasa tanggung jawab, kesetiaan, dan kerja sama dalam mengatasi tantangan serta merayakan kebahagiaan bersama.

Karena itu pada momentum Hari Raya Idul Fitri lalu, IPMA Jayapura dapat berbagi kasih melalui aksi sosial dengan memberikan sedikit bantuan kepada empat lokasi yang dipilih yakni: Musholla Kampung Wamena di Angkasa, Panti Asuhan Muhammadiyah, kepada saudara-saudara di Padang Bulan, dan kepada keluarga Suku Asmat yang tinggal di belakang Expo Waena. Dikatakannya bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai wujud kebersamaan dan persaudaraan dengan orang lain di sekitarnya.

“Harapan saya, semoga apa yang kita lakukan ini berdampak positif bagi orang-orang di sekitar kita. Dan, semoga IPMA semakin mantap, semakin solid dan kita semua diberkati Tuhan” ungkap Nurmaida.

Sementara itu, sekertaris IPMA Jayapura, Laurentius Maturbongs mengungkapkan bahwa kegiatan Halal Bihalal ini merupakan program kerja tahunan seksi kerohanian. Dalam seksi tersebut, ada tiga anggota perwakilan dari masing-masing agama, yakni: Kristen Protestan, Muslim dan Kristen Katolik. Ketiga perwakilan ini bertugas menyusun program kegiatan dalam rangka menyambut hari raya besar keagamaan.

Karena itu diakuinya bahwa kegiatan Halal Bihalal ini merupakan suatu rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan, di mana sebelumnya sudah dilaksanakan acara buka puasa bersama, dan aksi-aksi sosial untuk membantu masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Maturbongs menjelaskan bahwa kepengurusan IPMA Jayapura periode 2023-2025, yang baru dilantik pada 02 Desember 2023, merupakan kepengurusan kedua sejak terbentuknya IPMA tahun 2021.

Dengan kepengurusan yang baru ini, Maturbongs berharap agar setiap seksi yang sudah terbentuk (seperti: seksi kerohanian, seksi usaha dana, seksi sosial, seksi umum dan konsumsi) selalu dapat bekerjasama, meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja demi mendukung tujuan utama IPMA Jayapura yang lebih baik di masa depan. (Demmy)