Seleksi Pemuda Pelopor Perwakilan Provinsi Papua Barat Daya

Melanesiatimes.com – Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dispora Parekraf) Provinsi Papua Barat Daya, melaksanakan seleksi calon Pemuda Pelopor Provinsi Papua Barat Daya di Swiss Bell Hotel, pada Sabtu (22/06/2024).

Bacaan Lainnya

Kegiatan seleksi calon Pemuda Pelopor ini dalam rangka program Nasional untuk memilih calon-calon Pemuda Pelopor di tiap-tiap Provinsi di Indonesia.

Giat ini merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang ditujukan kepada seluruh Dispora Se-Indonesia dqn kita di Provinsi Papua Barat Daya sudah melaksanakan itu.

Seleksi calon Pemuda Pelopor ini Se-Provinsi Papua Barat Daya, dari semua peserta akan di ambil 5 orang terbaik dari masing-masing bidang atau mata lomba antara lain:

  1. Bidang Pendidikan
  2. Bidang Pariwisata Lingkungan Hidup
  3. Bidang Pangan
  4. Bidang Seni Budaya
  5. Bidang Informasi dan Teknologi.

“Dari masing-masing bidang akan di ambil 3 terbaik, kemudian 3 terbaik ini akan di seleksi lagi menjadi 1 orang di masing-masing bidang yang akan mewakili Provinsi Papua Barat Daya di jakarta pada bulan Oktober tahun 2024,” pungkas Kadispora Parekraf Provinsi Papua Barat Daya.

Giat hari ini adalah penilaian para juri terhadap administrasi peserta yang memasukan berkas, sebelumnya juri telah melakukan verifikasi vaktual terhadap peserta, guna mencocokan Profil dan faktual, yang dilakukan selama dua hari mulai dari 20-21/06/2024.

“Dewan juri telah turun lapangan untuk menyatukan berkas administrasi antara profil dan faktual lapangan apakah sudah sesuai atau belum,” ujar Yusdi.

Sesuai juknis dari Kementerian Pemuda dan Olahraga pusat, 10 orang juri di ambil dari akademisi dan praktisi, yang akan menilai peserta sesuai profil yang di tulis dan faktual.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Bidang Pemuda, Jekson Yumame “Dewan juri telah meninjau langsung ke lapangan untuk mencocokan data profil dan data lapangan peserta selama dua hari,” ungkap Jekson.

Menurutnya, dari verifikasi ini juri akan menentukan 1 peserta terbaik, setelah itu berkasnya akan dikirim ke jakarta pada (25/06) untuk mewakili Provinsi Papua Barat Daya sebagai Pemuda Pelopor pada bulan Oktober 2024 nanti.

“Jadi hari ini juri akan menenangkan siapa-siapa yang akan mewakili Provinsi Papua Barat Daya sebagai Pemuda Pelopor,” tutur Jekson

Harapannya ke depan adalah Provinsi Papua Barat Daya harus memiliki Pemuda Pelopor yang bisa berkompetisi di tingkat nasional dan mampu membawah nama baik Provinsi Papua Barat Daya.

Pos terkait