Keliwar Berhasil Nahkodai NasDem Kabupaten SBT

Melanesiatimes.com – Dalam pergulatan perjuangan yang panjang, Jasali Keliwar berhasil nahkodai Partai besutan Surya Paloh di tanah Ita Wotu Nusa.

Bacaan Lainnya

Ambisi “Gerakan Perubahan” di tanah Ita Wotu Nusa menggapai kemenangan dalam pemilihan anggota legislatif 14 Februari 2024 pun tercapai. Namun, kemenangan itu adalah kemenangan rakyat, karena rakyat masih memberikan kepercayaan bagi Partai NasDem di negeri ini.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Seram Bagian Timur (SBT), Jasali Keliwar kepada media ini, Rabu (27/03/2024) pagi mengatakan, keberhasilan yang luar biasa di alami oleh Partai NasDem di SBT dalam perolehan kursi maupun suara pada Pemilu tahun 2024.

Keberhasilan tersebut diantaranya dapat menyumbangkan 1 Kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi dan 3 Kursi DPRD Kabupaten SBT.

“Sudah dari awal saya mengatakan hal ini. Bahwa dengan semangat perjuangan untuk Merestorasikan Bumi Ita Wotu Nusa, kali ini kemenangan ada di pihak kita pada Pemilu Tahun 2024. Akhirnya Tuhan menunjukan jalan itu, kita berhasil menyumbangkan 1 Kursi DPRD Provinsi atas nama Abdul Kelilauw yang sebelumnya tidak pernah ada, 3 Kursi DPRD Kabupaten pada setiap dapil di antaranya Dapil 1 Ichwan Mochsal, Dapil 2 Alexander Patty dan Dapil 3 Jasali Keliwar, yang awalnya hanya 2 kursi”, tutur Keliwar.

“Total Suara Provinsi yang dimiliki Partai NasDem sebanyak 18.628 ribu suara dan menempati posisi kedua setelah PKS di posisi pertama, Suara DPR RI sebanyak 8.042 ribu suara dan suara DPRD Kabupaten pada Dapil 1 sebanyak 2.336 ribu suara, Dapil 2 sebanyak 3.238 ribu suara dan Dapil 3 sebanyak 4.495 ribu suara, jumlah total suara DPRD Kabupaten sebanyak 10.069 ribu suara dan menempatkan Posisi ke tiga setelah PKB posisi pertama dan Golkar posisi kedua”, lanjut tutur Keliwar.

Keliwar menyampaikan terimaksi karena keberhasilan ini juga bersumber dari dorongan dan suport yang tidak ada henti-hentinya diberikan oleh Ketua DPW NasDem Maluku, Bapak Hamdani Laturua dan jajaran kepengurusannya di Ambon, Ketua Umum Partai NasDem, Bapak Surya Paloh dan Jajaran kepengurusannya di Jakarta, kaka Rosita Usman selaku ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu di Wilayah Maluku dan Maluku Utara serta teman-teman Bacaleg Provinsi dan Kabupaten SBT yang luar biasa.

Namun, kemenangan itu tidak terlepas dari tangan dingin Ketua DPD Partai NasDem SBT, Jasali Keliwar yang masih mempertahankan dan menambahkan 1 Kursi Kabupaten dan 1 kursi Provinsi.

Bukan saja itu, NasDem juga berhasil merebut posisi Wakil Ketua 2 DPRD di Kabupaten SBT.

“Mengelola sebuah parpol sebesar NasDem harus melihat kepentingan banyak orang, dengan mengabaikan kepentingan pribadi dan kelompok, disamping menata kelolah dan mengorganisir para pemimpin di Kabupaten, Cabang dan Ranting,” papar pria kelahiran Sera, Kecamatan Pulau Gorom.

Yang paling pertama, menurut Keliwar adalah menciptakan lingkungan berpolitik supaya semua orang itu hidup nyaman dan tentram, kemudian proses demokrasi itu berlangsung dengan baik.

“Dengan begitu, maka orang merasa nyaman di partai ini,” terang dia.

“Partai ini partai besar, jadi kita kelola dengan baik. Salah satu konsekuensi adalah menciptakan lingkungan berpolitik yang bersih di dalamnya, sehingga kita mampu mempertanggungjawabkan secara politik, secara hukum, dan secara moral,” lanjut Keliwar.

Pria lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Seram Timur ini juga berpendapat, anggaran dasar atau konstitusi partai NasDem itu menjadi rujukan bagi pihaknya untuk bagaimana bisa keluar dari tekanan politik sehingga mampu menjawab kepercayaan rakyat kepada parpol yang dipimpinnya saat ini.

“Puji Tuhan, atas kepercayaan itu, Partai NasDem mampu membuktikan dirinya bisa keluar dari tekanan politik saat ini,” ucap keliwar.

Kepiawaian JK sapaan akrab Jasali Keliwar bersama pengurusnya serta militansi yang ditunjukan perolehan suara dan kursi yang diraih untuk DPR RI, Provinsi dan Kabupaten pada Pemilu Tahun 2024 naik signifikan dari perolehan suara di tahun 2019.

“Politik itu soal fakta, soal hasil dan hasil kita hari ini, hasil yang tidak bisa ditandingi oleh siapapun. Karena kita tunjukan dinamika proses mengorganisir seluruh kekuatan dengan baik, maka mencapai hasil juga yang lebih baik,” tutup Tokoh Politik masa depan Seram Bagian Timur, Jasali Keliwar, sembari mengucapakan salam Perjuangan dan teriakan Gerakan Perubahan Untuk Negeri tercinta Ita Wotu Nusa.