Surga Tersembunyi: Destinasi Wisata Kali Kaca Maybrat

Melanesiatimes.com – Kabupaten Maybrat adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Papua Barat Daya. Kabupaten Maybrat dibentuk pada tanggal 16 Januari 2009 disahkan melalui UU RI Tahun 2009 Nomor 13 tentang Pembentukan Kabupaten Maybrat sebagai hasil pemekaran dari kabupaten Sorong. Pusat Pemerintahan dari Kabupaten maybrat berada di Kumurkek di Distrik Aifat. Kamis (21/03/2024)

Bacaan Lainnya

Maybrat sendiri memiliki destinasi wisata yang cantik nan Indah, selain danau Uter dan Danau Ayamaru, Kali Kaca atau disebut juga Kali Bawi merupakan destinasi terindah yang tersembunyi, sungai kecil berair sangat jernih bagaikan kaca ini terletak di Kampung Bawi, Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya.

Saking jernihnya air kali Kaca, kita bisa melihat langsung kedalam dasar sungai dari permukaan. Disebut kali Kaca karena kali yang terletak di Kampung bawi ini sangat jernih bak kaca, sehinggah masyarakat Kampung bawi menamainya Kali Kaca, Kali Bawi melengkapi destinasi wisata yang eksotis di tanah Papua Barat Daya.

Tak hanya memiliki air yang sangat jernih, tapi di dasar sungainya pun juga sungguh cantik dan menawan, menyimpan bebatuan kali kaca, yang sekilas mirip batu karang di laut.

Selain itu, pemandangan nan indah di area Kali Kaca ini juga sangat sejuk karena banyak pepohonan yang rindang menutupi area kali kaca dan merupakan alam murni yang belum tersentuh dengan rumah ataupun honay.

Kali Kaca terlihat eksotis dan bening hingga ke dasar kali.

Ditepi kali hanya terlihat sebuah tempat peristirahatan bagi pengunjung atau wisatawan yang datang menikmati keindahan alam dan kesejukan air kali kaca.

Bagi anda yang penasaran dengan kali kaca, bisa langsung menuju kali kaca, dengan menggunakan mobil pribadi maupun mobil penumpang (Hilux 4×4) Sorong-Ayamaru, dengan menempuh waktu kurang lebih 3-4 jam perjalanan.

Setelah sampai di desa Bawi masyarakat akan mengantarkan para pengunjung atau wisatawan ke kali kaca sekitar kurang lebih 2-3 kilometer dari kampung Bawi, kemudian akan memasuki kawasan hutan dengan jarak tempuh satu kilometer untuk sampai di kali Bawi atau Kali Kaca.

Semoga kedepan pemerintah kabupaten maybrat dapat menjadikan kali kaca sebagai salah satu destinasi terunik di dunia, sekaligus bisa menumbuh kembangkan ekonomi rakyat yang ada di kabupaten Maybrat umumnya dan desa Bawi khususnya.