Kabupaten Teraman dan Tercepat di Pleno Tingkat Provinsi PBD

Melanesiatimes.com – Maybrat merupakan salah satu kabupaten tercepat pembacaan rekapitulasi perhitungan dan perolehan suara dalam rapat pleno terbuka tingkat Provinsi Papua Barat Daya. Kamis (14/03/2024).

Bacaan Lainnya

Dari seluruh tahapan yang telah dilalui, mulai dari pendaftaran, pencoblosan sampai pada perhitungan suara, tentu merupakan proses yang panjang dimana, banyak terdapat kendala, tantang yang dilalui setiap kabupaten kota yang ada di wilayah Papua Barat Daya.

Sama halnya dengan Kabupaten Maybrat yang mendapat banyak kendala mulai dari perhitungan di TPS hingga pleno Distrik, pasalnya pasca perhitungan suara di tingkat TPS, Bawaslu kabupaten Maybrat mengeluarkan surat rekomendasi tanggal 23 Februari terkait perhitungan suara ulang (PSU) untuk dua jenis kertas suara kabupaten dan provinsi.

Setelah PSU di 4 TPS, Bawaslu kembali merekomendasikan HSU para 268 TPS dengan jumlah 207 kotak suara jenis pemilihan kabupaten dan 272 kotak suara jenis pemilihan Provinsi.

“Pada saat itu kami merasa capek, lelah dan putus asa, serta berpikir untuk berhenti sebab tidak mampu untuk melanjutkan lagi, namun karena komitmen dan kemauan yang kuat terhadap proses tahapan pemilu di Kabupaten Maybrat, sehingga kami berkeyakinan untuk melanjutkan tahapan ini”. Ungkap Dominggus.

Lebih lanjut Dominggus mengatakan, kotak suara mulai dibuka tanggal 29 Februari 2024 sampai 11 maret 2024, dengan semangat yang luar biasa kami mencoba menyelesaikan semua persoalan ini dengan baik sampai pada pukul 03.00 wip (subuh) 12 maret 2024.

Semua berjalan dengan lancar setelah mensahkan itu kami melakukan tari-tarian, di iringi bunyi petasan di depan kantor KPU Maybrat, sebagai rasa syukur karena telah menyelesaikan tahapan dengan baik, aman dan lancar, tanpa ada yang konplen dari caleg manapun, Pleno paling aman dan teraman. Kata Dominggus.

Saat itu kami bergegas untuk mengikuti pleno tingkat provinsi dikota sorong, setelah mengikuti dinamika yang berkembang pada pleno tingkat provinsi, kami berpikir jangan sampai Maybrat akan mendapatkan kendala ditingkat Provinsi nanti, kendati komunikasi yang intens terhadap tahapan seraya mencocokan data pada pleno tingkat provinsi. “Puji Tuhan semua berlangsung dengan lancar aman dan baik tanpa ada keberatan dari para saksi maupun Bawaslu Provinsi. Kami pada periode tahun ini telah membuktikan bahwa pemilu di Maybrat berjalan aman dan lancar bahkan di Pleno Provinsi pun merupakan kabupaten yang paling tercepat dengan durasi waktu kurang lebih 1 jam 54 menit dan ini menjadi obat memuaskan bagi semua warga Maybrat yang ada di kabupaten maupun kota sorong.

“Saya yakin bahwa batanh siapa yang bekerja dengab baik dan benar di tanah ini, maka di akan berpindah ke tandaheran satu ke tandaheran yang lain”. Tutup Ketua KPU Maybrat Dominggus Ijie.ST.

Pos terkait