Warga Papua Minta Dapil IV Harus Ada Perwakilan OAP

Melanesiatimes.com – Masyarakat Asli Papua mendatangi Kantor Distrik Sorong Manoi, menuntut penjelasan terkait hasil pemilihan, orang asli Papua (OAP) di Dapil IV Kota Sorong. Minggu (03/03/2024)

Bacaan Lainnya

Masyarakat Papua datangi kantor Distrik Sorong Manoi, sembari mempertanyakan mengapa tidak ada satupun orang asli Papua,  yang duduk di kursi DPRD dari Dapil IV Kota Sorong, pasalnya informasi yang diterima masyarakat, bahwa di dapil IV, tidak ada Orang Asli Papua yang meraih kursi DPDR Kota Sorong, meskipun terdapat 6 kursi yang tersedia.

Wargapun menuntut agar PPD, KPU ataupun Bawaslu, harus memberikan jaminan agar ada keterwakilan Orang Asli Papua di dapil IV, sesuai dengan permintaan MRP yakni 80-20, kalau tidak maka warga akan membawah massa yang lebih banyak lagi.

Menanggapi hal itu, Ketua PPD Distrik Manoi, mendatangi warga yang berada di area, kantor Distrik, sembari menjelaskan “Kami sementara lagi mempersiapkan dokumen untuk diberikan kepada saksi, ketika semuan dokumen sudah siap, kami akan membagikan kepada para saksi yang membawah mandat dari parpol atau tim pemenangan, untuk itu kami meminta waktu hingga pukul 19.00 WIT untuk merampungkan semua semua dokumen rekapitulasi yang akan dibagikan nanti” kata Ketua PPD.

Sementara itu,Kabag Ops Polresta Sorong Kota Kompol Indra Gunawan mengatakan bahwa pengamanan telah dilakukan dengan 5 personel dan satu regu dalmas serta regu patroli dari Polres Sorong Kota untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Situasi hingga saat ini masih aman dan kondusif.

“Kalau memang situasi kurang kondusif, maka kita akan menambah personil, karena masih ada personel putrespot yang masih standbye di Polres. Kami upayakan agar tidak terjadi apa-apa, minimal bisa memberikan kejelasan kepada masyarakat kenapa bisa terlambat”. Ujar Kompol Indra Gunawan.

Pos terkait