Keterwakilan Pemuda Dalam Legislatif Mendapat Sorotan Dari Pemuda Moi

Melanesiatimes.com – Pemuda Moi memberikan apresiasi terhadap generasi muda hari ini yang dinilai cukup luar biasa karena dapat menjadi barometer dalam ajang kontestasi pemilu pada 14 Februari 2024. Senin, (26/02/2024)

Bacaan Lainnya

John Haji Manibela selaku Pemuda Moi, menilai semangat pemuda hari ini yang dimana memiliki peningkatan prestasi dalam menghadapi pemilu pada 14 Februari lalu, dimana peran Pemuda dapat diperhitungkan dalam kontestasi 5 Tahunan tersebut.

Generasi muda hari ini dinilai tidak kelalaian dalam menghadapi pemilu 2024, berbeda dengan pemilu dari tahun sebelumnya dimana jarang sekali keterwakilan pemuda di parlemen yakni dalam legislatif.

Berbeda dengan tahun ini, saya melihat ada beberapa generasi muda yang cukup luar biasa persentasenya di Provinsi PBD, Jhon Haji Manibela menilai bahwa pemuda hari ini mendapat posisi yang cukup baik dalam merebut kursi legislatif.

“Mereka hari ini mendapat posisi yang cukup baik untuk mencalonkan diri dan bahkan 30% atau 50% itu keterwakilan pemuda, nah ini sangat luar biasa sekali,” Ungkap Jhon Haji.

Hemat Pemuda Moi tersebut, bukan saatnya lagi kita dipimpin oleh orang-orang tua atau orang-orang yang katakanlah sudah lanjut usia namun kali ini harus bisa dipimpin langsung oleh pemuda.

Barometer peran pemuda saat ini telah diperhitungkan, Jhon Manibela mengambil contoh contoh seperti Gibran Rakabuming Raka yang tadinya menjadi Walikota Solo, kini telah menajadi wakil presiden.

“Ini adalah spirit besar yang harusnya menjadi motivasi bagi generasi muda saat ini khususnya generasi muda Papua Barat Daya,” Tutur Jhon Haji Manibela.

Generasi muda hari ini punya kapabilitas dan punya kemampuan basic ilmu yang cukup mumpuni, dikenal serta dapat diterima boleh masyarakat akar rumput dengan baik.

Selain itu, Jhon yang merupakan salah satu pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sorong menilai, tidak salah kemudian kalau KNPI merupakan laboratorium kader yang akan mempersiapkan generasi berikutnya untuk menjadi calon pemimpin bangsa.

“Saya lihat ada beberapa teman-teman di KNPI yang hari ini bersaing dalam kontestasi calon DPRD dan masuk dalam hitungan mendapat posisi aman untuk menjadi anggota DPRD periode 2024-2029,” Ungkap John Haji Manibela.

Founding Father Presiden Soekarna pernah mengatakan bahwa beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Menurut John pemuda mestinya memaknai bahasa filosofi tersebut sehingga ada banyak ruang bagi pemuda untuk menjadi pemimpin.

Sebagai pemuda, Jhon berharap kepada para pemuda yang diberikan amanah sebagai anggota legislatif bahwa kursi legislatif tersebut merupakan representasi dari orang banyak sehingga bijaksanalah dalam bekerja dan gunakan kapasitas itu secara baik.

Kita tahu bahwa di DPR itu ada tiga fungsi utama, gunakan fungsi tersebut untuk bagaimana mengawal kepentingan rakyat, baik yang di Kota maupun di Kabupaten dan Papua Barat Daya secara keseluruhan. Pungkasnya (ZK)