Seruan Untuk Orang Papua Agar Jangan Golput Pada Pemilu 14 Februari 2024

Melanesiatimes.com – Forum Pengawal Perjuangan Rakyat (FOPERA), PBD menyerukan kepada seluruh warga masyarakat asli Papua agar jangan golput pada pemilu legislatif yang berlangsung pada hari Rabu 14 February 2024. Senin, (13/02/2024)

Bacaan Lainnya

H min 1 jelang pemilu legislatif dan eksekutif, Fopera PBD menghimbau kepada seluruh orang asli Papua untuk tidak golput dan datang ke TPS agar dapat menyalurkan hak pilihnya sebagai warga negara pada saat pencoblosan berlangsung.

Ketua Fopera PBD Yanto Ijie saat ditemui oleh awak media di hotel Sahid Mariat mengatakan, seruan untuk orang asli Papua agar tidak golput ini bukan hanya dilakukan oleh Fopera PBD tetapi seluruh tokoh lintas suku asli setanah Papua.

“Seruan ini dilakukan secara serentak oleh seluruh tokoh lintas suku asli setanah Papua, jadi bukan hanya di PBD saja tetapi secara menyeluruh di tanah Papua agar jangan sampai golput,”. Ungkap Yanto Ijie

Fopera PBD juga menyampaikan apresiasinya terhadap Majelis Rakyat Papua (MRP) PBD yang telah melakukan deklarasi tentang pemenuhan hak politik orang asli Papua dalam pelaksanaan pemilu legislatif pada 14 February tahun 2024.

Seruan dari MRP dan tokoh-tokoh asli Papua maupun tokoh lintas suku asli Papua untuk memilih orang asli Papua pada pemilu legislatif bukanlah politik identitas melainkan amanat konstitusi dalam negara kesatuan republik Indonesia.

Khususnya dalam pelaksanaan UU Otsus yaitu UU nomor 2 tahun 2001 tentang pemenuhan hak-hak politik orang asli Papua, seruan untuk memilih orang asli Papua pada pemilu legislatif tahun 2024 merupakan amanat UU Otsus yang harus dijalankan.

Yanto Ijie selaku ketua Fopera menghimbau kepada seluruh masyarakat asli Papua maupun non Papua untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas, menciptakan pemilu yang aman dan damai di Provinsi Papua Barat Daya. Pungkasnya (ZK)

Pos terkait