Bawaslu Kota Sorong, Angkat Bicara Terkait Kertas Undangan C-6

Melanesiatimes.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sorong, angkat bicara terkait pendistribusian kertas C-6 kepada masyarakat. Selasa (13/01/2024).

Bacaan Lainnya

Ditemui saat melakukan pengawasan pelepasan logistik pemilu digudang KPU Kota Sorong, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Abdul Kadir Kelosan Menyampaikan “Pendistribusian Kertas undangan C-6 kepada warga tidak sesuai dan banyak yang bermasalah pasalnya warga masyarakat setempat yang seharusnya mendapatkan undangan, namun sampai hari ini mereka belum menerimanya” Beber Kelosan.

Hal ini bukan terjadi disatu tempat saja, namun hampir semua distrik dan kelurahan pun demikian, pemilih yang dulunya terdaftar di TPS dekat rumahnya saat ini sudah dipindahkan ke RT lain, sehingga banyak masyarakat yang mengeluh.

Bukan hanya itu, tetapi ada juga laporan yang diterima oleh Bawaslu Kota Sorong, bahwa ada oknum RT yang turut terlibat dan ikut campur dalam pembagian undangan C-6, “Hal ini tidak dibenarkan dalam bentuk apapun, kecuali oknum RT, tersebut merupakan anggota KPPS”. Imbuhnya

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa juga mengharapkan agar ke depan kinerja pantarli di maksimalkan, sehingga data lapangan dengan data DPT pada TPS harus sama.”Ucap Abdul.

Abdul Kadir berharap KPU Kota sorong secara kelembagaan, agar berkoordinasi dengan KPPS guna memastikan pendistribusian C-6 harus sampai pada warga sesuai identitas dan alamat warga yang berada pada wilayah TPS masing-masing, sehingga warga tersebut tidak mencari dan bertanya-tanya lagi”. Tandasnya

Kelosan menegaskan agar PPS dan KPPS tidak boleh menahan kertas C-6 tanpa keterangan yang jelas, ini juga menjadi perhatian bagi KPU Kota Sorong agar berkoordinasi dengan PPS dan KPPS, pasalnya banyak pendistribusian C-6 yang tidak sampai ke warga masyarakat, kalaupun ditahan apa alasannya, harus dituangkan dalam berita acara sehingga masyarakat tau alasannya”. Tambah Kordiv Pencegahan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Sorong.

Setelah dikonfirmasi Ketua KPU Kota Sorong Balthasar B Kambuaya, menegaskan bahwa ” kami sudah berusaha semaksimal mungkin, bekerja sesuai dengan tahapan dan regulasi yang ada, guna menyukseskan pemilu tahun 2024. Terkait dengan PPS dan KKPPS, kami akan koordinasi lebih lanjut, agar semua permasalahan dapat kita antisipasi dan diselesaikan”. Tutup Ketua KPU Kota Sorong.