Jelang Pemilu 2024, Bawaslu PBD Gelar Apel Siaga

Melanesiatimes.com – Menjelang pemilihan umum pada 14 february 2024, Bawaslu PBD menggelar apel siaga di halaman Aimas Conferen Center. Jumat, (09/02/2023)

Bacaan Lainnya

Pada apel siaga menjelang hari pencoblosan, Bawaslu PBD memperingatkan kepada seluruh peserta pemilu baik calon anggota legislatif maupun partai politik agar tertib dalam melaksanakan aturan kampanye.

Dalam sambutannya saat apel siaga, ketua Bawaslu PBD menyerukan, mulai besok tidak ada lagi kegiatan kampanye yang dilakukan oleh calon anggota legislatif maupun partai politik hingga seluruh iklan serta alat peraga kampanye sudah harus dibersihkan.

“Semua baliho serta akun akun sosial media maupun iklan kampanye di media cetak maupun elektronik sudah tidak melakukan pernyataan citra diri,”. Ungkap Farly

Bawaslu PBD berharap dengan adanya seruan tersebut peserta pemilu tidak lagi melakukan kampanye jelang hari pengugutan suara pada pemilu yang tinggal beberapa hari lagi, tegas Bawaslu PBD dalam pernyataannya kepada awak media.

Bawaslu PBD menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan tindakan tegas jika ada peserta pemilu yang melanggar aturan, selama tahapan dimasa tenang dan saat pengugutan suara ataupun jika terdapat putaran kedua di pilpres nanti.

Secara kelembagaan Bawaslu PBD tetap melakukan pengawasan terhadap jalanannya pemilu di Provinsi Papua Barat Daya. Ketua Bawaslu PBD berharap selesainya pemilu di tahun 2024 ini, jangan ada lagi pidana pemilu atau sengketa hasil.

“Sebab jika terjadi pidana pemilu atau sengketa hasil yang menyebabkan pengugutan suara ulang (PSU), akan memakan biaya yang besar dan cukup menyita waktu,”. Tegas Farly

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka Bawaslu PBD mengambil sikap proses mitigasi sejak awal supaya jangan ada lagi pelanggaran pemilu maka alarm pengawasan saat ini dilakukan yang bertujuan untuk mencegah hal tersebut. (ZK)