Tujuh Nama Muncul Dalam Survey Tingkat Popolaritas, Akseptabilitae dan Elektabilitas Caleg DPR RI Dapil Jateng X Pileg 2024

Melanesiatimes.com – Etos Indonesia Institute melakukan Rilis Survey Tingkat Popularitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas 10 Calon Anggota Legislatif DPR RI Daerah Pemilihan Jateng X dalam Pemilu Legislatif 2024, pada (04/02/2024) di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Survey yang dilakukan sejak tanggal 20-31 Januari 2024 ini mengambil sampel 1.000 responden dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Batang.

Survey dengan margin error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan publik sebesar 90% mengambil pendapat responden tentang tingkat popularitas (keterkenalan), tingkat akseptabilitas (keterterimaan) dan tingkat elektabilitas (keterpilihan).

Dari pengambilan sampel pendapat responden, nama 10 caleg DPR RI dengan tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas tertinggi masih tetap mendominasi. Caleg-caleg tersebut adalah H. Bisri Romly (PKB), Hanif Dakhiri (PKB), Ramson Siagian (Gerindra), Eko Wibowo (Gerindra), Hendrawan Supratikno (PDIP), Dede Indra Permana (PDIP), Doni Akbar (Golkar), Ashraf Abu (Golkar), Anjar Budiani (Golkar) dan Suyono (PPP).

Dari sepuluh nama tersebut, Partai Golkar menempatkan tiga Caleg DPR-RI nya yaitu Doni Akbar, Anjar Budiani dan Ashraf Abu. Ketiganya bersaing ketat dalam tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Di tingkat elektabilitas, Doni Akbar unggul di angka 91% disusul Anjar Budiani di 87% dan Ashraf Abu 76%.

Sedangkan PDIP menempatkan dua calegnya yaitu Dede Indra Permana 88% dan Hendrawan Supratikno 89% Demikian pula dengan PKB yang menempatkan H. Bisri Romly 90% dan Hanif Dakhiri 88% Gerindra menempatkan Ramson Siagian 90% dan Eko Wibowo 74%. Sedangkan PPP hanya menempatkan satu calegnya yaitu Suyono dengan tingkat elektabilitas 71%.

Jika kuota tujuh kursi yang tersedia maka berdasarkan tingkat elektabilitas ditemukan hasil sebagai berikut :

1. Doni Akbar (Golkar) 91%

2. H. Bisri Romly (PKB) 90%

3. Dede Indra Permana (PDIP) 88%

4. Ramson Siagian (Gerindra) 90%

5. Hendrawan Supratikno (PDIP) 89%

6. Hanif Dakhiri (PKB) 88%

7. Anjar Budiani (Golkar) 87%

Menurut Direktur Eksekutif Etos Indonesia Institute Iskandarsyah, survey ini masih sangat mungkin mengalami perubahan-perubahan signifikan mengingat Dapil Jateng X dapat disebut juga sebagai ‘dapil neraka’, dimana banyak tokoh dan figur yang dikenal masyarakat di dapil mencalonkan diri di dapil tersebut.

“Sangat mungkin berubah, baik komposisi persentasi maupun munculnya nama lain diluar sepuluh nama itu. Apalagi dari sepuluh nama, persentasi antar calon sangat tipis perbedaannya. Setidaknya tujuh nama caleg yang memiliki tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas dapat terlihat dari hasil survey kami ini”, tutup Iskandar.