KPU PBD: Monitoring Pelantikan KPPS Se-Kabupaten Sorong

Melanesiatimes.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya, melakukan monitoring pelantikan KPPS di Aimas Convention Centre (ACC) Kabupaten Sorong, Kamis (25/01/2024).

Bacaan Lainnya

Dalam giat tersebut anggota KPU Provinsi Ghandi Sirajuddin menyampaikan “Hari ini akan dilaksanakan Pelantikan KPPS di seluruh indonesia, sekaligus penanaman pohon oleh setiap KPPS distrik di PBD”. Ujar Ghandi.

Kabupaten Sorong memiliki total pemilih kurang lebih 92.000 DPT dan TPS berjumlah 519, sehingga Pelantikan KPPS sendiri dibagi menjadi beberapa titik yang dilakukan serentak pada hari ini. Jumlah KPPS yang dilantik pada hari ini sekitar 3,633 anggota, dari 30 distrik dan 253 desa atau kelurahan di kabupaten sorong.

Setelah Pelantikan KPPS, dilanjutkan dengan Bimtek yang dilakukan oleh PPS dan PPD kepada PPD, dalam bimtek tersebut nantinya akan melakukan simulasi pengisian form c plano sampai dengan pengenalan aplikasi Sirekap “Aplikasi Sirekap ini akan digunakan di tingkat KPPS akan menggunakan sirekap mobile, sedangkan ditingkat PPD, PPS dan KPU menggunakan Sirekap Web”. Ucap Ghandi.

Setelah diperkenalkan nantinya akan di agendakan untuk uji coba aplikasi Sirekap yang diserentakkan pada tanggal 30, 31 Januari dan 01 Februari. Kemudian remotenya nanti di tanggal 07 Februari 2024, seluruh TPS secara serentak mencoba mengupload data untuk uji coba, sebelum aplikasinya digunakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Aplikasi Sirekap ini sebagai alat pendukung untuk mempermudah dan mempercepat informasi kepada publik dan akan dituangkan dalam website info pemilu.

“KPPS merupakan penggerak dari suksenya Pengumutan suara di pemilu 2024 nanti, sehingga diharapkan, bisa mengikuti dan memahami apa yang diberikan pada saat bimtek nanti, secara administrasi maupun simulasi”. Tutup Ghandi.


Pos terkait