KPU PBD: Bimtek KPU Kabupaten Kota Dan Persiapan Pelantikan KPPS

Melanesiatimes.com – Giat yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya, merupakan penguatan atau Training off Trainer kepada KPU Kabupaten Kota yang dilaksanakan di Vega Hotel, Selasa (16/01/2024).

Bacaan Lainnya

Peserta yang dihadirkan dalam giat ini adalah Anggota KPU Kabupaten Kota Devisi SDM, Devisi Sosdikli, Devisi Parmas, Devisi Teknis, Kabubag SDM dan Kasubag Hukum.

“Kegiatan ini bertujuan agar, meningkatkan penguatan kepada KPU Kabupaten Kota, karena nantinya mereka akan menjadi fasilitator dalam melaksanakan bimtek kepada PPD, PPS dan KPPS, karena perangkat ini merupakan ujung tombak dari pada suksesnya penyelenggaraan pemilu”. Ujar Andarias Deniel Kambu.

Setelah bimtek dilakukan peserta juga melaksanakan simulasi tahapan pencoblosan mulai dari mempersiapkan logistik Pemilu sampai pada perhitungan suara dengan membentuk TPS simulasi diruang kegiatan.

Ketua KPU menuturkan, “Giat ini merupakan kegiatan yang sangat penting dimana KPU melaksanakan Training off Trainer sebagai penguatan dalam proses pemilihan, juga merupakan tahapan terakhir dari proses pemilu yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia, dalam menentukan arah dan kebijakan daerah maupun negara ke depan. Tambah Andarias.

Harapannya adalah simulasi ini dilakukan secara berjenjang kepada teman-teman penyelenggara sampai pada KPPS, agar dapat diterima utuh, sehingga sedini mungkin dapat menghindari potensi pelanggaran pemilu pada proses perhitungan suara nanti.

“Tentunya kita tau bahwa dalam proses pemilu sampai pada hasil Perhitungan disitulah terdapat potensi gugat menggugat, melalui satu tahapan yang disebut perselisihan hasil pemilihan umum, dari situlah kita berusaha memberikan bimtek yang baik dari segi rugulasi, pedoman dan juknis yang ada, sehingga teman-teman tidak keluar dari tiga subtansi tersebut. Tegas Andarias.

Hal ini juga mengacuh pada PKPU nomor 25 tahun 2023 tentang: Pengumutan dan perhitungan suara, serta undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah, jabatan KPPS Se-Papua Barat Daya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2024.

Pos terkait