Hasil Survei Galidata, Ganjar – Mahfud Masih Diatas Angin

Ketiga bakal calon presiden, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Pojok Satu)

Melanesiatimes.com – Direktur eksekutif sekaligus funder Galidata.id, Bey Arief Budiman menyampaikan bahwa berdasarkan hasil data yang didapatkan berdasarkan survei, bahwa Pilpres 2024 berpeluang besar terjadi dalam 2 putaran.

Bacaan Lainnya

“Bahwa pemilihan Presiden akan berlangsung dua putaran,” kata Bey dalam rilis surveinya yang dilakukan di Hotel Tamarin, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/1).

Hal ini disampaikan Bey karena hasil survei yang ia lakukan, belum ada Capres-Cawapres yang tembus 51%. Sehingga ada peluang besar Pemilu nanti akan terjadi dalam dua putaran.

Tidak ada pasangan calon lebih besar dari 51% suara,” ujarnya.

Kemudian, ia juga menyebut bahwa peluang besar Ganjar Pranowo – Mahfud MD dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka akan masuk dalam putaran kedua. Hal ini karena selisih suara dari kedua pasangan Capres-Cawapres tersebut terbilang tipis.

“Pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar Mahfud terpaut selisih tipis dalam area margin of error. Kemungkinan besar dua pasangan ini yang akan lolos pada putaran kedua,” jelasnya.

Sekadar diketahui, bahwa survei dilakukan dalam rentang waktu 24 Desember 2023 – 6 Januari 2024. Jumlah responden yang dijadikan sample survei sebanyak 1.200 responden yang berada di seluruh Provinsi di Indonesia.

Dari survei tersebut, ditemukan elektabilitas Capres-Cawapres 2024. Hasilnya adalah ;

– Ganjar Pranowo – Mahfud MD : 36,2%

– Prabo Subianto – Gibran Rakabuming Raka : 33,3%

– Anies Rasyid Baswedan – Abdul Muhaimin Iskandar : 26,1%

Survei tersebut memiliki sampling error sebanyak 2,83% dengan margin of error (MoE) 3,2% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Sumber : koma.id