Ketua KPU: Pemilu Indonesia Paling Singkat dan Rumit

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Foto: Istimewah

Melanesiatimes.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa pemilu Indonesia terbilang cukup sulit dan paling rumit dibandingkan negara-negara demokrasi lain di dunia.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU di sela-sela rangkaian rapat Konsolidasi Nasional dalam rangka kesiapan Pemilu 2024 yang berlansung di Istora Senayan, Jakarta Pusat sabtu (30/12/2023).

‚ÄúPemilu di Indonesia sering dinilai sebagai the most complicated election in the world. Jadi, dianggap sebagai pemilu yang paling rumit di dunia,” ujar Hasyim dikutip Melanesiatimes.com, Sabtu (31/12).

Selain itu hasyim juga mengatakan, meski begitu Indonesia merupakan dengan proses pemilu yang paling singkat yang dilakukan mulai pukul 07.00 – 13.00.

Adapun pemilu serentak di Indonesia yang meliputi pemilihan caleg dan capres-cawapres, telah dijadwalkan oleh KPU digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ada tiga paslon presiden dan wakil presiden yang sudah maju dalam kontestasi ini, mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.