Bertemu Paus Fransiskus, Puan Maharani Uraikan Pancasila

Momentum Pertemuan Puan Maharani dan Paulus Fransiskus
Momentum Pertemuan Puan Maharani dan Paulus Fransiskus. (Vatikan 2023).

Melanesiatimes.com – Momentum bersejarah antara Presiden ke 5 Republik Indonesia dan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri berjumpa dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan.

Bacaan Lainnya

Pada pertemuan bersejarah itu, Megawati dan Paus Fransiskus berdialog terbuka terkait perdamaian dunia dan Toleransi beragama.

Megawati tidak sendiri, Ketua DPR RI Puan Maharani juga ikut dalam momentum tersebut, saat bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan. Puan disambut pemimpin Gereja Katolik itu saat datang bersama dengan Presiden ke-5 RI sekaligus ibundanya, Megawati Soekarnoputri.

Dalam keterangan tertulisnya yang diperoleh media, Senin (18/12). Puan berbicara dengan Paus Fransiskus soal hubungan Indonesia dengan Vatikan yang sudah terjalin cukup erat sejak zaman Presiden pertama RI, Soekarno. Indonesia dan Vatikan selama ini selalu saling mendukung dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama.

“Saya sebagai cucu Presiden Soekarno, bersama Ibu saya, Ibu Megawati Soekarnoputri, mewakili keluarga mengucapkan terimakasih kepada Vatikan yang sudah 3 kali memberi bintang kepada Presiden Soekarno di tahun 1956, 1959, dan 1964,” kata Puan di Vatikan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini pun menyinggung soal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan serta gotong royong. Puan mengatakan, Pancasila-lah yang mengikis perbedaan dan menguatkan kerukunan antar agama di tanah air.

“Sebagai salah satu negara muslim terbesar, kita Indonesia terus mengutamakan kerukunan antar umat beragama dan Paus Fransiskus menyampaikan bahwa hal itu harus terus dilakukan agar toleransi antar agama terus dijaga agar perdamaian dunia bisa bisa tercipta,” jelasnya.

Pos terkait