Ngopi Bareng Media Bersama KPU Provinsi Papua Barat Daya.

Melanesiatimes.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya, melaksanakan giat ngopi bareng, dengan mengusung tema “Peran Media Dalam Mengawal Pemilu Tahun 2024”. Darevans Hotel Kota Sorong, Sabtu (25/11/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam giat ngopi bareng hadir juga sekretaris KPU PBD, Toto Hendratmoko, Toto adalah Sekretaris KPU PBD baru, dilantik pada tanggal 03 November 2023 lalu.

Dalam sambutannya Toto menjelaskan bahwa, baru pertama kali ke Papua untuk itu perlu berkenalan dengan Media yang berada di Provinsi Papua Barat Daya, Toto juga mengapresiasi dan senang bertemu dengan Insan Pers yang ada di papua barat daya.

“Media merupakan mata dan telinga dalam penyampaian informasi, sehingga perlu peran penting dari Media dalam mengawal Pemilu tahun 2024”. Ucap Toto

Hal senada juga disampaikan oleh Alexander Duwit selaku Devisi Hukum dan Pengawasan, “Kerjasama antar KPU dan Media itu penting, karena apa yang dilakukan oleh KPU dapat diketahui oleh masyarakat, sehingga patut dijadikan mitra dalam pemberian informasi maupun berita yang bersifat online atau offline, langsung maupun tidak langsung”. Bebernya.

Selain itu Plh Ketua KPU PBD Fatmawati H.Annas, juga memberikan penjelasan kepada insan pers, terkait tahapan pemilu dari awal sampai akhir, Fatmawati juga menjelaskan, selain sebagai media informasi tentang kepemiluan pers juga berperan sebagai pengawasan partisipatif.

 

Pers merupakan mitra bagi KPU dan Bawaslu, tidak hanya sebagai penyampaian informasi kepemiluan, akan tetapi menjadi mitra sebagai pengawas partisipatif.

“Pada prinsipnya pemilu tidak hanya pagelaran bagi peserta pemilu ataupun pemilih. Akan tetapi, pagelaran bagi semuanya termasuk pers dan masyarakat seluruh Indonesia”. Kata Plh Ketu KPU PBD

Pandangan sebagian masyarakat bahwa, pengawasan Pemilu hanya menjadi tanggung jawab KPU dan Bawaslu padahal tidak demikian. Oleh karena itu sebagai media informasi pers juga punya peran penting sebagai fungsi kontrol dalam pengawasan jalannya Pemilihan Umum. Tambah Fatmawati selaku Plh Ketua KPU PBD.

Dengan adanya teknologi informasi, masyarakat tidak perlu lagi mengalami kesulitan jika ingin melaporkan tentang adanya indikasi pelanggaran maupun potensi pelanggaran Pemilu masyarakat bisa menggunakan media sosialnya dengan cara tag/mention ke Bawaslu dan Kepolisian.

Setelah melakukan pemaparan peran media dalam mengawal pemilu tahun 2024, KPU PBD juga mengadakan kuis berhadiah kepada  Insan Pers yang hadir dan hadia diserahkan langsung oleh Plh Ketua KPU PBD, Fatamati H. Annas.(ZK)