Launching Pesantren Sabtu – Ahad (Persada), Ayo Kembali Ke Masjid, BKPRMI Kota Sorong

Rustam Rumatiga (Ketua BKPRMI Kota Sorong)

Melanesiatimes.com – Pesantren sabtu – ahad  (Persada) I, merupakan salah satu program kerja dari Badan Kominkasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) yang baru saja di lauching pada, Sabtu (11/11/2023) bertempat di Masjid Raya Sorong Papua Barat Daya.

Bacaan Lainnya

Giat ini akan menjadi program rutin Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK-Alqur’an (LPPTKA) Kota Sorong. LPPTKA sendiri merupakan salah satu lembaga dalam BKPRMI yang menangani, pembinaan anak dalam membaca dan menghafal Alqur’an.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta anak – anak diseluruh Taman Pengajian Al-Qur’an (TPA) Kota Sorong, dibawah binaan lembaga pembinaan dan pengembangan Taman Kanak – kanak Alqur’an, Badan Kominkasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA – BKPRMI) Kota Sorong.

Rustam Rumatiga selaku Ketua BKPRMI Kota Sorong menyampaikan “Kegiatan ini tentunya merupakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap bulan. Launching Pesantren Sabtu – Ahad (Persada) pertama ini, kita awali dari Masjid Raya, kemudian nanti bulan berikut, kita laksanakan lagi di masjid-masjid lainnya”. Ungkap Rustam.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain, menyiapkan mental generasi muda kita mulai dari tingkat anak-anak hingga remaja, untuk menghadapi tantangan zaman yang hari ini sudah semakin canggih, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga semua dapat dilakukan secara instan.

Begitu pula dengan belajar dan membaca Alqur’an, semua aplikasi sudah tersedia dalam handphone, tinggal, dimana saja kita bisa membacanya, kecuali di tempat – tempat yang di larang, kendati berbeda dengan, pola yang dilakukan oleh Ketua BKKPRMI Kota Sorong ini, pasalnya meskipun kita hidup di era globalisasi digital, namun cara yang dilakukan lebih kepada pendekatan persuasif sehingga tetap terbangun hubungan silaturahim antar satu dan yang lain.

“Walaupun kita hidup di zaman modern tapi, kami berusaha untuk menggunaka metode yang diajarkan oleh orang tua kita dulu, menghafal Alquran dengan cepat dan singkat yaitu kita kembali ke masjid, nah metode ini yang kami akan terapkan dari masjid ke masjid”. Pungkas Rustam Rumatiga.

Tujuan daripada giat ini adalah, menanamkan rasa cinta dan peduli terhadap alqur’an dan menciptakan hafiz – hafiz yang nantinya mampu bersaing dalam momen – momen besar kedepannya salah satunya adalah Festival Anak Soleh.

Pesantren Sabtu-ahad ini dimulai setiap hari sabtu dan selesai pada hari ahad, yang pesertanya merupakan TPA binaan dibawah LPPTKA-BKPRMI Kota sorong yang berjumlah kurang lebih 40an TPA.

Harapannya adalah pembinaan terhadap anak  usia dini dalam membentuk karakter  yang soleh dan soleha, terus menciptakan generasi pencinta alqur’an atau para hafiz, melalui metode kembali ke masjid – masjid dan menjaga generasi penerus berahlak mulia, yang juga cerdas dalam sains dan teknologi yang mampu berdaya saing disemua bidang.