Dialog Publik Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda Yang Ke-95.

Melanesiatimes.com – Dalam rangka memperingati Hut Sumpah Pemuda, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Sorong, melakukan Dialog Publik, dengan mengundang Narasumber Dibidang Akademik, Dr. A. Sakti. R. S. Rakia. SH. MH. Bersama, KPU Kota Sorong, Hilman Djafar dan Angel Mainake, bertempat di Cafe Teras Kayu. Sorong (29/10/2023).

Bacaan Lainnya

Hari ini GMNI melakukan suatu ide kreatif yakni, dialog public dengan tema “optimalisasi peran pemuda dan mahasiswa dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024.

“Sebagai KPU Kota Sorong, kami sangat mengapresiasi hal ini, tentunya peran pemuda ini sangat penting dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu, agar memastikan kepemiluan ini berjalan dengan baik dan lancar”. Ungkap Angel Mainake Salah satu Narasumber KPU Kota Sorong.

Pemuda adalah bagian dari masyarakat, yang memiliki hak untuk memilih dan dipilih, sekaligus menjadi pengawas ataupun juga dapat menjadi mata dan telinga bagi penyelenggara pemilu”. Ungkapnya

Narasumber Penyelenggara Pemilu, Angel Mainake Dan Hilman Djafar (Anggota KPU Kota Sorong)

Harapannya, pada pemilu Pemilu 2024 nanti, peran pemuda sangat penting dalam partisipasinya sebagai pemilih pada kontestasi politik”Harap Angel Mainake.

Hal senada juga disampaikan oleh Hilman Djafar Anggota KPU Kota Sorong “Kami sangat mengapresiasi terhadap Ade-ade GMNI Kota Sorong, tentu pemuda sangat berperan besar dalam suksesi Pemilu kali ini, karena kita melihat hampir daripada 60% pemilih pemula yang kategorinya adalah pemuda, oleh karena itu, kita harapkan agar, pemuda tidak mengambil peran sebagai pemilih yang golput, kendati pemuda berperan sebagai agen of change (agen pembaharu), dimana bisa mengoptimalkan hak pilihnya di pemilu mendatang dan menjadi corong atau aktif dalam memberikan sosialisasi, baik dilintas diskusi antar mahasiswa atau di khalayak publik”. Tandasnya.

Menurut Hilman, generasi muda ini tidak terlepas dari medsos, sehingga bisa menjadi wadah untuk mencerdaskan generasi-generasi muda yang lain dan saling mengingatkan dan mengedukasi pemuda lewat media sosial”.

Narasumber Akademisi Dr. A. Sakti. R. S. Rakia.SH.MH. (Dekan Fakultas Hukum Unamin Sorong)

Diwaktu yang sama Dr. A. Sakti. R. S. Rakia. SH.MH, menuturkan, Diskusi publik ini merupakan giat yang progresif dalam optimalisasi peran pemuda dan mahasiswa guna mempublikasikan potensi dan kreativitasnya dalam ruang dialog.

“semoga momentum ini merupakan penggoda, agar kedepannya, lebih banyak lagi ruang-ruang diskusi yang dibuka untuk menjawab, persoalan-persoalan yang lebih universal lagi, salah satunya ialah kebijakan publik. Bagi saya, ini sangat bermanfaat sebagai seorang akademisi dalam pengembangan penelitian guna memperkuat sistem pemilu kedepannya”. Imbuhnya.

Dokumentasi Dialog Publik DPC GMNI Kota Sorong

Dalam giat ini Oskar Yekwam, selaku ketua panitia mengharapkan hasil dari kegiatan ini bisa membuka cakrawala berpikir kaum milenial, agar dapat mengambil peran sebagai sosial kontrol, dalam mengawal pesta demokrasi ditahun 2024 mendatang, demi terwujudnya sistem pemilu yang jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia. Tutupnya.

Giat Dialog Publik ini juga mendapatkan penghargaan berupa cendramata, oleh Komisioner KPU Kota Sorong, kepada DPC GMNI Kota Sorong, usai pelaksanaan giat dialog publik, yang diserahkan langsung Hilman Djafar kepada Ketua Panitia Oskar Yekwam. (DIR)

Pos terkait