Kepulauan Sembilan Raja Ampat: Potensi Pariwisata Dan Lumbung Ikan

Destinasi alam bawah laut Kepualauan Sembilan

Melanesiatimes.com – Kepulauan Sembilan adalah salah satu distrik di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Daya. Distrik Kepulauan Sembilan terbagi ke dalam 4 kampung, antara lain, Pulau Tikus, Satukurano, Wejim Barat dan Wejim Timur. Kepulauan Raja Ampat mempunyai daya tarik tersendiri di Indonesia bahkan dunia begitupun di kepulauan sembilan Raja Ampat.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Umum Rumah Kreatif Raja Ampat Ahmad Kahar Imran, melalui pesan WhatsApp mengungkapkan, kami memberikan atensi terhadap pemuda kepulauan sembilan Raja Ampat yang mempunyai keinginan besar untuk mengembangkan potensi pariwisata dan lumbung ikan, tepatnya di kepulauan sembilan Raja Ampat. (Minggu, 10/15/2023)

Setelah melakukan kordinasi dan komunikasi bersama pemuda wejim, Kahar mengajak pemuda wejim berkolaborasi untuk meningkatkan potensi pariwisata yang ada di wejim, menurutnya ini adalah sebuah langkah maju untuk memperkenalkan spot wisata baru di kepulauan sembilan Raja Ampat.

Kepulauan Sembilan Raja Ampat: Potensi Pariwisata Dan Lumbung Ikan
Kepulauan Sembilan

“Distrik kepulauan sembilan, Kampung Wejim Barat dan masih banyak lagi di seputaran kepulauan Raja Ampat yang berada di kepulauan sembilan, menjadi salah satu spot wisata yang menjajikan, saya akan konsolidasi bersama masyarakat adat dan pemuda kepulauan Wejim Barat dan Wejim Timur untuk mengembangkan potensi wisata di daerah setempat,”. Menurut Kahar, sejauh ini spot wisata Raja Ampat hanya berada di beberapa tempat saja padahal potensi wisata di kepulauan sembilan sangat menjanjikan.

Salah satu pemuda Wejim, Jewis Denny Dimara berharap kepada pemerintah distrik sampai ke Pemda Raja Ampat untuk bisa melihat potensi yang dimiliki oleh kampung dan distrik kepulauan sembilan untuk menjadi salah satu tempat wisata dan tempat penampungan ikan di distrik kepulauan sembilan juga terkenal dengan berbagai macam sepesis ikan di perairannya,” Tandasnya

Hal senada juga ditambahkan oleh Arnes Rudolof Mambraku pemuda Wejim Barat, “Banyak spot wisata yang hanya di sia-siakan karena kurangnya dukungan pemerintah terkait pariwisata yang dimiliki oleh distrik kepulauan sembilan khususunya di kampung wejim timur dan wejim barat serta kampung stukorano, kami masyarakat hanya bisa berharap dan terus berusaha untuk memperkenalkan pariwisata yang kami punya di kepulauan sembilan,”.

Harapannya adalah pemerintah dalam hal ini Bupati Raja Ampat lebih spesifik Dispora Parisiwasata Raja Ampat dan Dispora Pariwisata Provinsi Papua Barat Daya harus mangambil langka dalam melihat pulau-pulau yang memiliki destinasi alam laut diraja Ampat yang memiliki banyak potensi laut seperti kepulauan sembilan. (ZK)

Pos terkait