Deklarasi Pendirian Mafindo Wilayah Sorong

Melanesiatimes.com – Mafindo Wilayah Sorong mendeklarasikan pendiriannya di penghujung kegiatan Kampanye Prebunking bersama 110 orang peserta kegiatan yang terdiri dari berbagai stakeholder, TNI/Polri, siswa SMA dan mahasiswa di Kota Sorong. (07/10/2023)

Bacaan Lainnya

Sebelum pembacaan naskah deklarasi, dilakukan penandatanganan dukungan deklarasi yang dimulai oleh Kepala Dinas Infokom Kota Sorong Drs. Wilhemus Asmuruf, disusul berbagai pihak seperti perwakilan dari Kodim 1802, Polresta, KPU dan BAWASLU Kota Sorong. Turut ambil bagian unsur OKP seperti GMKI, PMKRI, IMM Cabang Kota Sorong dan Pemuda Batak Bersatu serta siswa dan mahasiswa yang hadir sebagai peserta kegiatan.

Deklarasi ini secara resmi menjadikan Kota Sorong sebagai titik pertama wilayah Mafindo di tanah Papua. Mafindo Sorong merupakan wilayah ke-41 di Indonesia setelah deklarasi Wilayah Ternate pada bulan Agustus lalu. Mafindo Sorong juga turut menambah sekurang-kurangnya 1.000 relawan aktif Mafindo se-Nusantara.

Tanda Tangan Petisi, Peserta dan stakeholder

“Dalam waktu dekat akan dilakukan deklarasi wilayah ke-2 di tanah Papua yakni Mafindo wilayah Jayapura. Harapan kami Mafindo bisa hadir di seluruh provinsi di Indonesia sebagai kontribusi nyata kepada bangsa dalam memerangi hoaks dan meningkatkan literasi digital bagi masyarakat” Papar Mark Ufie.

Mark Ufie merupakan salah satu anggota Pesidium Mafindo yang menangani perluasan jejaring di Indonesia bagian Timur.

Hal senaga juga disampaikan oleh perwakilan dari KPU Kota Sorong Hilma Djafar. Hilman Djafar menyambut positif kehadiran Mafindo. Harapannya “Mafindo dapat turut ambil bagian untuk mengedukasi pemilih cerdas di Kota Sorong”. Tegas Hilman.

Di kesempatan yang sama juga Abdul Kadir Kelosan sebagai perwakilan anggota Bawaslu Kota Sorong berharap ke depannya Mafindo Kota Sorong dapat aktif berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk mengedukasi masyarak agar tidak terjebak isu-isu hoaks terlebih menjelang momentum Pemilu 2024.

Rangakaian kegiatan Kampanye Prebunking dan deklarasi Wilayah Mafindo di Gedung LJ Sorong diakhiri dengan foto bersama serta Silatwil yang menghasilkan Muhid Rumbalifar sebagai Koordinator Wilayah Mafindo Sorong.

Diakhir kegiatan semua peserta dan tamu undangan serta stakeholder melakukan tanda tangan petisi, dalam rangka turut mendukung kegiatan tersebut.