Tolak Kedatangan Jepang di KTT Asean, Konami Akan Geruduk Istana dan Dubes Jepang

Melanesiatimes.com – Rencana Jepang untuk melepaskan limbah radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima ke laut menuai kontroversi dan reaksi negatif dari banyak pihak. Salah satunya dari KONAMI.

Bacaan Lainnya

Untuk itu Puluhan Aktivis Mahasiswa dan Pemuda Indonesia yang tergabung dalam Koalisi Nasional Aktifis Muda Indonesia (KONAMI) berencana akan geruduk Istana Negara dan Kedubes Jepang, Jum’at, 01 – September – 2023 menolak rencana Jepang yang akan membuang limbah nuklirnya ke laut. Meski Jepang sudah menyatakan aman, namun jika terjadi kebocoran, zat radioaktif dalam limbah nuklir tersebut akan mencemari laut dan mengancam biota laut yang ada. Ujar Mas Afandi, koordinator KONAMI, Selasa, (29/08/2023).

Meski lokasi pembuangan limbahnya juga jauh dari perairan Indonesia, bukan tidak mungkin zat berbahaya tersebut terbawa arus dan sampai ke lautan Indonesia. Akibatnya dampak pembuangan limbah nuklir tersebut akan mengancam potensi sumber daya perairan laut Indonesia.

Untuk itu Koalisi Nasional Aktifis Muda Indonesia menolak kehadiran Jepang dalam KTT Asean 2023 di Indonesia. Alasan tersebut karena Jepang dianggap tidak peduli terhadap lingkungan, ekosistem laut dan kemaslahatan rakyat dunia termasuk Indonesia. Tutur Afandi

Selain itu, dalam aksi tersebut akan memboikot Kedubes Jepang dan Produk Jepang di Indonesia serta minta Presiden Jokowi untuk segera menuruti agar Kedubes Jepang ditolak kedatangannya dalam acara KTT ASEAN di Indonesia. Tuturnya

Pos terkait