PJ Gubernur PBD Angkat Bicara Terkait Pergantian PJ Walikota Sorong.

Melanesiatimes.com – Penjabat (PJ) Gubernur Papua Barat Daya, Mohamad Musa’ad angkat bicara, terkait tidak diperpanjangnya masa jabatan Pj Wali Kota Sorong, George Yarangga yang habis masa jabatannya pada 22 Agustus 2023 hari ini. Selasa (22/08/2023)

Jabatan yang ditinggalkan George Yarangga akan digantikan oleh Septinus Lobat. Septinus sendiri merupakan putera asli suku Moi yang saat ini dipercaya menjabat sebagai Asisten I Setda Provinsi Papua Barat Daya.

Menurut PJ Gubernur, pergantian George Yarangga kepada Septinus Lobat adalah murni merupakan penilaian dari pemerintah pusat.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sebagai PJ Gubernur, dirinya hanya mengusulkan nama-nama sesuai aturan dan permintaan dari pihak Kementerian Dalam Negeri.

“Kan kita sudah usulkan ke pusat, dan di sana mereka punya penilaian tersendiri, tugas saya adalah mengusulkan tiga nama, lepas dari itu Jakarat yang punya format penilaian,” ucap PJ Gubernur.

Pj gubernur menjelaskan, penilaian tidak dilakukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saja tetapi ada juga Tim Penilai, yang langsung dipimpin Presiden.

Nama-nama itu, tambahnya ada banyak pihak dan tidak hanya Kemendagri saja tapi Kementerian dan lembaga lain juga terlibat di dalam penilaian itu. Tugas saya kalau sudah ada SK maka saya akan lakukan pelantikan,” Ungkap PJ Gubernur.

Septinus Lobat

Diberitakan sebelumnya, Pj Gubernur Papua Barat Daya, Mohamad Musa’ad dipastikan akan melantik Pj Wali Kota Sorong yang baru setelah adanya SK penetapan dari Kementerian Dalam Negeri.

Lanjut PJ Gubernur “Jadi benar tiga nama yang beredar itu, sudah pasti menjadi Pj di tiga daerah bawahan Papua Barat Daya, yakni Kota Sorong, Kabupaten sorong dan Maybrat,” Tutupnya. (RIL)