Demi Kesehatan Pendidikan, Alumni SMP Negeri 1 Cikini Raya Gelar Gerakan Minum Air Sehat di Sekolah

MELANESIATIMES.COM – Kesehatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah-sekolah dinilai penting untuk terus diperhatikan baik oleh pemerintah, pejabat sekolah, orang tua murid, alumni dan masyarakat pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, perilaku hidup sehat yang disemai dini melalui dunia pendidikan terutama untuk generasi muda, merupakan pondasi utama dalam menjawab tantangan Indonesia emas di tahun 2045 nanti.

Hal tersebut disampaikan Dr. Amaranila Lalita Drijono, sp.DVE, salah satu alumni angkatan 77 dalam kegiatan Napak Tilas Alumni angkatan 77 SMP Negeri 1 Cikini Raya, Menteng Jakarta Pusat hari Minggu (20/8/2023).

Menurutnya, salah satu contoh faktor kesehatan yang penting untuk diperhatikan dalam keseharian dunia pendidikan adalah budaya atau gerakan minum air sehat di sekolah, yang mendukung pola makan gizi seimbang dalam masa tumbuh kembang seorang anak.

“Jadi hari ini adalah momen spesial, bukan hanya dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun saja, tetapi sebetulnya ada misi kami dari para alumni untuk menghadirkan satu gerakan kesehatan dan harapannya bisa memberi manfaat untuk dunia pendidikan khususnya untuk anak-anak kita yaitu gerakan sadar minum air sehat di sekolah-sekolah,” kata Dr. Amaranila.

“Kita tau bahwa sekarang ini, penyumbang tingginya angka-angka penyakit penyebab kematian utama di Indonesia yaitu penyakit kardiovaskular dan sederet penyakit degeneratif lainnya seperti kencing manis, gagal ginjal , itu kan terbesar karena gaya hidup. Antara lain pola makan yang kurang sehat sejak masa anak-anak, seperti tingginya konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori (contoh maraknya minuman manis), makanan rendah serat (kurang sayur buah) dan makanan minuman miskin gizi. Yaitu kebutuhan minum 2 liter air putih sehat sehari sebagai pemenuhan gizi seorang anak menjadi sulit terpenuhi bila lingkungan kurang mendorong budaya minum tsb sejak kecil. Sekolah menjadi salah satu pilar penting dalam mendidik perilaku hidup bersih sehat (PHBS) contohnya minum air putih sehat tsb, mengingat seorang anak hampir 5 hari dalam seminggu menghabiskan periode tumbuh kembangnya (usia 0-18 tahun) di sekolah.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa mengatasi masalah kesehatan ini perlu dilakukan dari hulu yaitu pencegahan, contohnya pembiasaan perilaku hidup sehat mulai sejak usia dini seorang anak.