Kantor KPU Kabupaten Jayapura Hangus Terbakar 

Melanesiatimes.com : Jayapura – Sembari mempersiapkan diri merayakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-78 Tahun 2023 di Kompleks Kantor Bupati Kabupaten Jayapura, Kamis, (17/08/2023), justru Kantor KPU Kabupaten Jayapura dan Sejumlah Fasilitas Umum lainnya yang berada di sekitar ikut dilahap si “Jago Merah”.

Bacaan Lainnya

Sungguh naas, situasi pagi ini. Sejumlah siswa-siswi SMP-SMA, Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI-POLRI, POL PP dan Organisasi Masyarakat mulai berbondong-bondong memadati Lapangan Upacara Bendera di halaman Kantor Bupati Kabupaten Jayapura, untuk mempersiapkan diri merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023. Namun di atas gunung di ujung Kantor Bupati, justru terlihat asap api kuat mengepul dari arah Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura.

Kantor KPU dan Fasilitas Umum Kabupaten Jayapura.

Situasi itu tidak menyurutkan semangat peserta upacara. Persiapan tetap dilaksanakan sesuai rencana.

Namun, sebagian petugas keamanan menjadi sibuk karena situasi kebakaran yang terjadi. Pagi ini, Kantor KPU Kabupaten Jayapura dan sejumlah fasilitas umum lain yang berada di sekitarnya hangus terbakar.

Dalam keterangan yang dihimpun Melanesiatimes.com, belum ada informasi pasti alasan terjadinya kebakaran tersebut.

Kapolres Jayapura, AKBP Frederikus WA. Maclarimboen, S.Ik mengatakan bahwa sumber api berasal dari ujung bangunan sehingga merambat ikut membakar kantor KPU.

“Jadi sebenarnya yang terbakar itu bukan Kantor KPU saja. Dalam bangunan itu ada empat Kantor: mulai dari Kantor Kearsipan, Perpustakaan, Radio dan juga terakhir adalah KPU. Api sendiri kan berasal dari ujung bangunan. Kantor KPU sendiri kan juga berada di ujung. Jadi, secara faktual Kantor KPU sendiri ikut terbakar,” jelas Kapolres di lokasi TKP.

Mobil Pemadam Kebakaran

Dikatakannya bahwa masih perlu dilakukan proses pendalaman olah TKP oleh Tim LABFOR. “Proses ini kita masih dalami, masih dalam proses penyelidikan sumber kebakaran. Masih menunggu proses penyelidikan dari Tim LABFOR untuk olah TKP,” lanjutnya.

Di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) terlihat api masih terus membakar. Sesekali reruntuhan terjadi dari bangunan bekas kebakaran. Satu unit Mobil Pemadam Kebakaran yang tadi ikut memadamkan api, kini baru kembali lagi ke lokasi TKP. (DN)