Pengurus Pusat Saka Mese Nusa Student Association Resmi Dikukuhkan

Pengukuhan Pengurus Pusat Saka Mese Nusa Student Association
Foto : Pengukuhan Pengurus Pusat Saka Mese Nusa Student Association

Melanesiatimes.com – Pengukuhan Pengurus Pusat Saka Mese Nusa Student Association Periode 2023-2025. Organisasi ini menghimpun mahasiswa Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku yang berdomisili di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Pengurus Pusat Saka Mese Nusa Student Association resmi dikukuhkan oleh Bapak Achmad Junaidi Marasabessy, ST – Kasubid Hubungan Antar Lembaga Badan Penghubung Provinsi Maluku. Selain pengukuhan, acara tersebut dilanjutkan dengan diskusi publik, adapun tema yang diangkat “Mahasiswa dan Masa Depan Seram Bagian Barat”

Sebelum diskusi adapun sambutan dari Deputi I Kepala Staf Presiden. Dalam sambutannya Febry Calvin Tetelepta mengajak mahasiswa Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) harus sama-sama berjuang dengan terlibat dalam merealisasikan visi misi Presiden Republik Indonesia yakni pembangunan Indonesia Sentris mengingat kabupaten Seram Barat memiliki potensi SDM yang sangat beragam baik darat maupun laut.

Pesan untuk seluruh Mahasiwa Maluku dalam momentum pelantikan Saka Mese Nusa Student Assosiation dengan mengangkat tema “Mahasiwa dan Masa Depan Kabupaten Seram Bagian Barat” agar tetap optimis dan selalu siap berkolaborasi, Tingkatkan kapasitas dan kompetensi diri, khususnya dengan kemampuan personal dan interpersonal, ditambah literasi digital dan teknologi agar kita dapat melompat maju.

Terus beradaptasi dengan perkembangan. zaman terus bergulir, tantangan semakin banyak, dan pandemi memaksa kita untuk berubah.

Ada baiknya, kembangkan cara-cara baru yang inovatif, tinggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan terobos ketidakmungkinan.Berani berubah dan mengubah adalah fondasi untuk Indonesia Maju.Indonesia sampai di seluruh pelosok negeri seram.

Selain, Febry Calvin Tetelepta, Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina juga mengajak mahasiswa untuk memperhatikan perkembangan yang terjadi kawasan Pasifik, karena Maluku berada dalam posisi yang strategis di Pasifik. Sebab, Maluku akan terimbas dampak langsung maupun tidak langsung dari perkembangan yang terjadi di kawasan Pasifik.

Kalau mengikuti perkembangan yang terjadi di kawasan Pasifik, kata Engelina, Maluku berada dalam posisi yang strategis, baik dari sisi politik maupun ekonomi. Untuk itu, pemuda Maluku harus memperhatikan apa yang terjadi di sekeliling Maluku. Ujar Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.- Oek. Engelina Pattiasina dalam diskusi publik dengan Tema “Mahasiswa dan Masa Depan Seram Bagian Barat” di Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

“Pada saat ini di abad 21, Maluku memiliki posisi strategis baik dari aspek geopolitik dan geoekonomi global di Pasifik. Kita harus melihat penegasan abad 21 sebagai abad ‘The Ocean of Century’, yang diikuti dengan pergeseran kekuatan ekonomi dunia di Indo-Pasifik. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya persaingan pengaruh di Pasifik yang melibatkan Amerika dan China,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Engelina, Maluku memiliki sumber daya alam yang melimpah, sehingga sebenarnya tidak layak Maluku menjadi daerah miskin, tetapi kenyataan justru Maluku berada dalam posisi termiskin bersama Tana Papua dan NTT. Sebelumnya, pada 2011, Maluku berada di peringkat tiga termiskin, kemudian bergantian dengan NTT, dimana Maluku menjadi nomor empat dan NTT menjadi ketiga.

Dia menjelaskan, Maluku memiliki kekuatan besar (big push strategi) melalui kekayaan sumber daya alam, baik kekayaan laut maupun mineral. Seluruh Maluku, kata Engelina, setidaknya memiliki 25 Blok Migas. Namun, yang sudah beroperasi dan segera beroperasi, seperti Blok Masela (Inpex), Blok Aru Trough (Statoil Norwegia), Blok Bula dan Non Bula.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Seram Bagian Barat (SBB), AKBP Dennie Andreas Dharmawan, SIK, mengajak, seluruh pemuda dan pelajar untuk menjadi mitra terbaik Polri, khususnya Polres dalam membantu menjaga, memelihara situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten tersebut.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara melalui zoom meeting di Mapolres SBB, Sabtu (24/6/2023).

Kapolres mengatakan, situasi dan kondisi keamanan diwilayah hukum Polres SBB, saat ini aman terkendali. Namun hal itu bukan berarti bahwa pihaknya tidak bekerja keras.

“Kondisi SBB saat ini aman terkendali. Namun kondisi keamanan ini, bukan menjadi tanggungjawab aparat keamanan sendiri, melainkan tanggungjawab seluruh elemen terlebih lagi pelajar dan pemuda,”kata dia.

Menurutnya, saat ini Polres SBB telah mengambil sejumlah langkah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memelihara situasi kamtibmas tersebut.

Untuk diketahui, adapun hadir dalam acara ini adalah Bapak. Hi Hambra Samal, SH., MH (Wakil Direktur Utama Pelindo/ Dewan Pembina Saka Mese Nusa Student Assosiation) Ibu. Viviana Hanifa, S.P., M.Si ( Presiden Executive Generasi Emas Indonesia GESID  Igo Pentury ( Tokoh Muda Maluku, Sekaligus Dewan Pembina Saka Mese Nusa Student Assosiation) Bapak AkBP. Dennie Andreas Dharmawan, S.I.K (Kapolres Seram Bagian Barat) Lewat zoom.

Kemudian Ibu Engelina Pattiasina (Direktur Archipelago Foundation Muhammad Rivai Seknun, S.STP, MAP, CPRM (Sub Koorinator Perencanaan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Bapak. Harun S Latulumamina, SST,An., M.Tr.Kep ( Dosen POLTEKES Kemenkes Maluku, Praktisi dan Pemerhati Kesehatan) Bapak Ferdinad Lasatira, Bapak Hamir Hamzah Marasabesy dan Kepala Dinas Pendidikan, Bapak Johan Tahiya lewat Zoom dan Dikukuhkan oleh Bapak Achmad Junaidi Marasabessy, ST.

Pos terkait