WhatsApp Akan Menguji Berbagi Layar dan Bilah Navigasi Baru

WhatsApp Akan Menguji Berbagi Layar dan Bilah Navigasi Baru
Whatsapp (Pixabay.com)

Melanesiatimes.com – WhatsApp, aplikasi perpesanan paling populer di dunia, akan segera diperluas ke wilayah konferensi video dan kolaborasi jarak jauh. Platform milik Meta sedang menyiapkan fitur berbagi layar yang biasanya ditemukan di alat komunikasi bisnis seperti Google Meet, Microsoft Teams, dan Zoom.

Bacaan Lainnya

WhatsApp akan memungkinkan Anda berbagi layar selama panggilan video

Menurut laporan dari WABetaInfo, WhatsApp menambahkan fitur baru ini ke versi beta terbaru dari aplikasi (2.23.11.19). Kemampuan untuk berbagi layar tidak tersedia untuk semua orang di saluran beta tetapi beberapa pengguna yang beruntung telah dapat mengujinya. Saat dalam panggilan video, aplikasi menampilkan tombol baru di bilah bawah yang memungkinkan Anda berbagi layar dengan pihak lain.

Mengetuk tombol ini akan menampilkan pop-up konfirmasi di mana WhatsApp memberi tahu Anda tentang risiko berbagi layar Anda selama panggilan. Ini memberi tahu Anda bahwa orang di ujung sana akan dapat melihat apa pun yang Anda miliki di layar, termasuk detail pembayaran, kata sandi, foto, pesan, dan banyak lagi. Anda dapat mengetuk tombol “Mulai sekarang” untuk melanjutkan atau ketuk “Batal” dan kembali.

Setelah Anda mulai membagikan layar Anda, WhatsApp akan mencatatnya di tengah layar panggilan. Tombol “Berhenti berbagi” memungkinkan Anda segera mengakhiri proses kapan pun Anda mau. Anda tidak memerlukan izin dari pihak lain untuk berhenti berbagi layar. Tidak jelas apakah hal itu akan memutuskan panggilan juga. Mungkin tidak, jika kita menggunakan implementasi fitur di platform lain.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, fitur ini biasanya ditemukan di konferensi video dan layanan kolaborasi jarak jauh. Ini memungkinkan karyawan berbagi slide atau proyek yang sedang mereka kerjakan dengan kolega atau senior mereka. WhatsApp mungkin ingin melakukan hal serupa sekarang karena telah memperluas batas panggilan video grup menjadi 32 orang dan menambahkan dukungan multi-perangkat yang tepat.

WhatsApp juga telah mendesain ulang bilah navigasi

Berbagi layar bukan satu-satunya perubahan dalam WhatsApp versi beta 2.23.11.19. Beberapa pengguna juga menerima bilah navigasi bawah yang didesain ulang. Mereka melihat tab dalam urutan ini: Obrolan, Panggilan, Komunitas, dan Status. Tata letak sebelumnya adalah Obrolan, Komunitas, Status, dan Panggilan. Bilah bawah itu sendiri baru di Android dan belum tersedia untuk semua orang secara global. Tetapi sekarang perubahan ini tersedia untuk beberapa pengguna beta, seharusnya tidak lama sebelum WhatsApp meluncurkannya secara luas. Anda dapat mengklik tombol di bawah ini untuk mengunduh versi terbaru aplikasi dari Google Play Store.