Daftar 10 Profesi Industri Digital dengan Besaran Gaji dan Tugas Utamanya

Ilustrasi : Teknologi

Melanesiatimes.com – Bidang teknologi sering berada di garis depan inovasi, yang dapat meningkatkan kehidupan masyarakat umum. Profesional yang berspesialisasi dalam teknologi dapat merancang, memelihara, atau menggunakan sistem dan perangkat lunak penting setiap hari. Jika Anda menikmati bekerja dengan komputer, gadget, dan jenis alat teknologi lainnya, berikut adalah 10 pekerjaan di industri ini dengan gaji dan tugas utamanya, mungkin tepat untuk Anda.

Bacaan Lainnya
  • Spesialis Dukungan teknis

Gaji rata-rata nasional: $ 53,026 per tahun

Tugas utama: Spesialis dukungan teknis membantu klien menggunakan komputer dan perangkat lain. Mereka biasanya bekerja dalam departemen TI perusahaan dan dapat mengelola server, menginstal perangkat lunak dan menangani masalah teknis yang muncul ketika karyawan memiliki tantangan dengan komputer mereka.

Mereka juga dapat memberikan dukungan pelanggan kepada pengguna rumahan yang memiliki masalah atau masalah dengan perangkat keras atau perangkat lunak komputer.

Persyaratan pendidikan: Beberapa perusahaan yang mempekerjakan spesialis dukungan teknis menerima kandidat dengan ijazah sekolah menengah atau GED dan kemahiran dengan komputer. Perusahaan lain mungkin memerlukan kandidat untuk memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer, sistem informasi atau gelar lain yang terkait erat.

  • Pemrogram komputer

Gaji rata-rata nasional: $ 67,186 per tahun

Tugas utama: Pemrogram komputer menulis instruksi yang mengarahkan sistem operasi untuk menjalankan tugas. Mereka menggunakan berbagai bahasa untuk mengembangkan, menguji, dan memperbaiki aplikasi perangkat lunak. Mereka juga bekerja sama dengan pengembang perangkat lunak dan insinyur untuk membuat program yang berguna dan ramah pengguna.

Persyaratan pendidikan: Mereka yang mencari pekerjaan dalam pemrograman komputer biasanya mengejar gelar sarjana dalam ilmu komputer. Jurusan ini membantu mereka mempelajari topik-topik dasar seperti metode pemrograman, statistik, dan matematika tingkat lanjut. Dalam banyak kasus, programmer memiliki kewajiban untuk mengambil kelas pendidikan berkelanjutan atau kursus tambahan untuk belajar bahasa baru dan tetap up-to-date pada perkembangan industri.

  • Analis data

Gaji rata-rata nasional: $ 69,930 per tahun

Tugas utama: Analis data bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan meninjau sejumlah besar informasi dari berbagai sumber. Mereka kemudian menerjemahkan data ini menjadi wawasan yang memandu keputusan bisnis. Para profesional ini menggunakan pemodelan statistik dan aplikasi perangkat lunak analisis data untuk mengidentifikasi pola dan tren. Mereka juga menyiapkan diagram, grafik dan laporan untuk berbagi temuan dengan pihak yang berkepentingan.

Persyaratan pendidikan: Analis data biasanya memiliki setidaknya gelar sarjana dalam ilmu komputer, statistik atau bidang terkait. Beberapa juga memilih untuk mengejar gelar yang lebih tinggi untuk meningkatkan potensi penghasilan mereka.

  • Pengembang web

Gaji rata-rata nasional: $ 74,692 per tahun

Tugas utama: Pengembang web menulis kode untuk membuat situs web. Mereka merancang front end, yang mencakup visual yang dilihat pengguna, dan back end, yang melibatkan server, aplikasi, dan database. Tugas umum pengembang web termasuk menganalisis umpan balik pengguna untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan pengalaman pengguna, menerapkan alat pengujian untuk memantau situs web, memperbarui perangkat lunak, dan melindungi data.

Persyaratan pendidikan: Pengusaha yang mempekerjakan pengembang web sering mencari kandidat yang memiliki gelar associate atau sarjana dalam ilmu komputer atau bidang terkait. Mereka biasanya membutuhkan kandidat untuk menunjukkan kompetensi dalam berbagai bahasa pengkodean.

  • Insinyur penjualan

Gaji rata-rata nasional: $ 86,327 per tahun

Tugas utama: Insinyur penjualan menjual produk yang canggih secara ilmiah kepada pelanggan untuk menghasilkan pendapatan bagi suatu organisasi. Mereka menggunakan pengetahuan luas mereka tentang spesifikasi teknis, nilai dan keuntungan dari suatu produk atau layanan untuk mempromosikannya kepada audiens. Beberapa tugas para profesional ini termasuk melakukan panggilan dingin dan jaringan untuk menghasilkan arahan dan menyampaikan presentasi dan demonstrasi perangkat lunak kepada klien.

Persyaratan pendidikan: Banyak insinyur penjualan memiliki gelar associate atau sarjana dalam sistem informasi bisnis atau teknologi, ilmu komputer atau bidang serupa. Banyak pengusaha untuk jenis posisi ini mencari kandidat dengan pengalaman beberapa tahun di lingkungan penjualan atau layanan pelanggan. Mereka juga lebih memilih kandidat yang dapat menunjukkan bukti melebihi target penjualan dan mempertahankan hubungan klien yang sukses dalam peran sebelumnya.

  • Administrator basis data

Gaji rata-rata nasional: $ 90,862 per tahun

Tugas utama: Administrator basis data mengelola dan memelihara basis data perangkat lunak, seperti katalog perpustakaan, akun pengguna, informasi sensus, survei statistik, dan catatan klien. Mereka menyediakan akses aman ke database dan mengelola solusi cadangan untuk mencegah kehilangan data jika terjadi kegagalan sistem. Tugas lain dari administrator basis data termasuk mendiagnosis dan memecahkan masalah sistem, memperbarui perangkat lunak anti-virus dan menginstal pembaruan.

Persyaratan pendidikan: Banyak administrator basis data memiliki setidaknya gelar sarjana dalam ilmu komputer, teknik komputer atau sistem informasi. Beberapa memilih untuk mengejar gelar yang lebih tinggi untuk memperluas pengetahuan mereka di bidang mereka dan meningkatkan potensi penghasilan mereka.

  • Insinyur jaringan

Gaji rata-rata nasional: $ 91,750 per tahun

Tugas utama: Insinyur jaringan bekerja sebagai bagian dari departemen teknologi informasi (TI) organisasi. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan efisiensi perangkat keras jaringan dan sistem komputer perusahaan mereka. Karyawan ini menginstal perangkat keras baru, menjalankan diagnostik, dan menyelesaikan pembaruan perangkat lunak rutin. Mereka juga mengambil langkah-langkah pencegahan untuk melindungi sistem terhadap malware, virus, dan potensi ancaman lainnya terhadap keamanan jaringan.

Persyaratan pendidikan: Sebagian besar insinyur jaringan memiliki gelar sarjana di bidang teknik sistem komputer, manajemen keamanan jaringan, teknologi informasi atau ilmu komputer. Sertifikasi tambahan mungkin diperlukan bagi para profesional ini untuk menavigasi berbagai sistem jaringan dengan benar.

  • Spesialis keamanan siber

Gaji rata-rata nasional: $ 109,666 per tahun

Tugas utama: Spesialis keamanan siber bertanggung jawab untuk menjaga keamanan perangkat lunak dan sistem jaringan perusahaan. Pekerjaan ini memerlukan pengembangan, pengujian, penerapan, dan analisis efektivitas berbagai tindakan keamanan. Ini sering melibatkan pembuatan rekomendasi untuk intervensi dan pencegahan ancaman.

Persyaratan pendidikan: Sebagian besar kandidat yang mencari pekerjaan sebagai spesialis keamanan siber mendapatkan gelar sarjana dalam keamanan siber, teknologi informasi, atau ilmu komputer. Selain persyaratan pendidikan, banyak perusahaan lebih suka mempekerjakan spesialis keamanan siber yang memiliki pengalaman kerja beberapa tahun di bidang teknologi informasi dan ilmu komputer.

  • Insinyur cloud

Gaji rata-rata nasional: $ 120,464 per tahun

Tugas utama: Insinyur cloud menilai infrastruktur teknis perusahaan dan memigrasikan proses dan fungsi tertentu ke sistem berbasis cloud. Mereka bekerja dengan tim teknis untuk menentukan dan menerapkan solusi cloud dan memecahkan atau memecahkan masalah dengan proses berbasis cloud. Tugas lain dari insinyur cloud termasuk merencanakan dan merancang aplikasi, perangkat lunak, dan layanan web berbasis cloud.

Persyaratan pendidikan: Banyak insinyur cloud memulai karir mereka dengan gelar sarjana di bidang rekayasa perangkat lunak, sistem informasi dan teknologi atau ilmu komputer. Beberapa mungkin mengejar gelar master di bidang yang relevan. Banyak pengusaha lebih memilih insinyur cloud yang memiliki pengetahuan luas tentang bahasa pemrograman dan beberapa tahun pengalaman praktis dalam komputasi awan.

  • Insinyur perangkat lunak

Gaji rata-rata nasional: $ 127,448 per tahun

Tugas utama: Insinyur perangkat lunak menerapkan prinsip-prinsip teknik untuk mengembangkan aplikasi komputer. Mereka sering berkolaborasi dengan pengembang dan insinyur lain untuk membuat program perangkat lunak. Tanggung jawab mereka juga termasuk merekomendasikan upgrade untuk sistem yang ada dan mendokumentasikan aplikasi atau sistem secara rinci untuk menulis instruksi operasi.

Persyaratan pendidikan: Insinyur perangkat lunak biasanya memegang gelar sarjana dalam pengembangan perangkat lunak, pemrograman komputer, matematika atau bidang serupa. Beberapa insinyur perangkat lunak dapat memperoleh pekerjaan hanya dengan ijazah sekolah menengah atau pengalaman kerja yang setara dan relevan.