Lima Mantan Presiden Terkorup di Dunia, Indonesia Urutan Pertama

Ilustrasi Koruptor : Edi Wahyono/detikcom

Melanesiatimes.com – Korupsi adalah kejahatan kemanusian, korupsi memang menjadi momen bagi semua negara di dunia nah ngomongin soal politik sulit menemukan politikus atau pemimpin yang benar-benar bersih. Jikalau kita bicara siapa saja politikus yang terlibat korupsi pasti akan menemukan banyak sekali nama politikus atau pemimpin negara yang terlibat kasus korupsi seluruh negara di belahan dunia pasti pernah mengalami kasus korupsi yang menyeret politik atau kepala negaranya dilansir dari forbes.com

Berikut adalah daftar pemimpin negara yang dianggap sebagai pemimpin yang paling korup di dunia berdasarkan jumlah uang yang mereka curi. Simak siapa saja mereka..

Di urutan pertama, sebagai pemimpin negara terkorup di dunia adalah mantan presiden Indonesia (Presiden Soeharto). Soeharto menjabat sebagai presiden di Indonesia dalam jangka waktu yang sangat lama yakni 31 tahun yang dimulai pada tahun 1967 hingga 1998.

Bacaan Lainnya

Selama menjadi presiden dirinya menempatkan anggota keluarganya di kursi kementerian dan memberikan sejumlah perusahaan besar untuk ditangani oleh anaknya hasil korupsi yang dilakukan oleh Presiden Soeharto juga tidak main-main bahkan jika di total hasil korupsi yang dilakukan oleh Seiko dan Marcos pun tidak sanggup mengalahkan Presiden Soeharto.

“Presiden Soeharto berhasil melakukan korupsi sebesar 15 sampai 30 miliar dolar Amerika atau sekitar 465 triliun.”

Urutan kedua, Mantan Presiden Filipina dia adalah Josep Estrada, sebelum menjadi Presiden Filipina Dia memiliki taktik manipulasi yang membuat banyak rakyat memilihnya menjadi presiden namun saat dia menjabat sebagai presiden sejak tahun 1998 sampai tahun 2001 ia tidak menepati janjinya pada masa kampanye dan malah terlibat kasus korupsi sehingga membuat namanya masuk ke dalam daftar presiden terkorup di dunia harga korupsinya diperkirakan mencapai 78-80 dolar Amerika atau sekitar 1,06 T.

Urutan ketiga adalah mantan Presiden Nicaragua dia adalah Arnoldo Aleman sebelum menjabat sebagai presiden nicaragua, aleman bekerja sebagai pengacara, ia menjabat sebagai presiden 1997 sampai tahun 2002, aleman melakukan tindak korupsi yang merugikan negara hingga 100 juta dolar Amerika atau sekitar 1,3 triliun Rupiah ya dijatuhi hukuman selama 20 tahun penjara atas kejahatannya termasuk pencucian uang penggelapan dana pemerintah dan korupsi.

Di urutan selanjutnya Pavlo Lazarenko merupakan Perdana Menteri Ukraina sejak tahun 1996 sampai 1997 meski begitu keterlibatannya dalam kasus korupsi di negaranya tidak bisa dibiarkan begitu saja ia mampu melakukan sejumlah korupsi dengan jumlah yang sangat besar dalam waktu yang cukup singkat korupsi yang ia lakukan sebesar 114-200 juta dolar Amerika atau sekitar 2, triliun Rupiah dan hanya dalam waktu 1 tahun saja.

Pemimpin negara terkorup selanjutnya adalah Alberto Fujimori Mantan Presiden Peru, Fujimori menjabat pada tahun 1990 sampai tahun 2000 pada 7 April 2009. Fujimori dinyatakan terbukti dan divonis 25 tahun penjara atas dakwaan pelanggaran hak asasi manusia karena terlibat banyak kasus pelanggaran HAM yang dilakukan Grupo Colina (kelompok bukit) adalah pasukan pembunuh sayap kanan anti-komunis militer yang dibuat di Peru yang aktif dari tahun 1990 hingga 1994, selama pemerintahan presiden Alberto Fujimori .

Kelompok tersebut melakukan beberapa pelanggaran hak asasi manusia , termasuk periode delapan bulan 1991–1992 yang menyebabkan total 34 orang terbunuh dalam Pembantaian Barrios Altos , Pembantaian Santa , Pembantaian Pativilca saat pemerintahannya menghadapi gerilyawan sayap kiri pada tahun 1990-an.

Selamat menjabat sebagai presiden selama 10 tahun Ia berhasil mencuri uang negara sebesar 600 juta dolar Amerika atau sekitar 7,98 T.