Daftar Kampus Terbaik di Kawasan Melanesia Indonesia Versi UniRank Tahun 2023

Foto : Universitas Papua (UNIPA) (Quipper.com)

Melanesiatimes.com – Nelson Mandela pernah mengungkapkan bahwa pendidikan merupakan senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia. Melalui pendidikan, seseorang akan menjadi manusia yang seutuhnya, sehingga memiliki kecenderungan untuk memanusiakan manusia lainnya.

Bacaan Lainnya

Kita bicara soal pendidikan di indonesia, selama Era Orde Baru, pendidikan antara wilayah Indonesia bagian Barat dan Timur memiliki perbrdaan yang sangat jauh, namun perbedaan tersebut telah terjawab sejak Era Reformasi, kini tepatnya berada di kawasan Melanesia Indonesia pendidikan sudah mulai berkebang dan kedepan terus berkembang. Berikut informasi yang di himpun dari berbagai sumber terkait perkembangan pendidikan di kawasan melanesia.

Kepulauan Papua

Kepulauan Papua sering dianggap sebagai daerah dengan kualitas pendidikan yang kurang memadai. Namun, di Papua terdapat beberapa universitas dengan fasilitas yang memadai dan kualitas yang tak kalah dengan perguruan tinggi lain di Indonesia. Bahkan, terdapat di 3 universitas terbaik di Papua versi unirank tahun 2023 yang bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di sana.

Pertama Universitas Cenderawasih atau disingkat UNCEN, kampus ini menempati peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Papua versi uniRank 2023. Kampus negeri ini terletak di kota Jayapura dan dikenal sebagai kampus paling hits di Papua.

Kedua Universitas Sumamus Merauke (UNMUS) kampus ini menduduki posisi kedua sebagai universitas terbaik di Papua versi meniRank tahun 2023. Kampus ini berada tepat di merauke dan di tingkat nasional menempati peringkat 233.

Terakhir Universitas Yapis Papua Universitas Yaris Papua (UNIYAP) berada di urutan ketiga sebagai universitas terbaik di Papua versi UniRank tahun 2023.

Kampus ini berada di kota Jayapura Tepatnya di Jalan Sam Ratulangi Trikora Kecamatan Jayapura Utara kampus yang memiliki singkatan niat ini menempati peringkat ke-452 di tingkat nasional.

Sedangkan di Papua Barat, pada tahun 2023 menjadi tahun yang penuh prestasi bagi beberapa perguruan tinggi di Papua Barat, yang berhasil menyandang rangking tinggi di uniRank.

Pertama adalah Universitas Papua atau yang disingkat UNIPA, kampus ini terletak di manokwari, unipa berdiri sejak tahun 2000.

Kedua Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong di Kota Sorong, universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong berada di urutan kedua dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Papua Barat dan papua Barat Daya versi uniRank.

Ketiga adalah Universitas Kristen Papua, kampus ini berlokasi di Manokwari, salah satu perguruan tinggi di Papua Barat dan Papua Barat daya versi uniRank tahun 2023.

Terakhir adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi sorong berlokasi di sorong menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Papua Barat dan papua Barat Daya versi uniRank. Perguruan tinggi ini menawarkan program studi bidang ekonomi dan bisnis.

Kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT),

Kita menuju ke kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT), perlu diketahui wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki deretan Universitas favorit, hal ini tidak terlepas dari prestasi yang dimiliki kampus di berbagai daerah di NTT, sehingga diakui sebagai universitas terbaik.

Pertama Universitas Nusa Cendana. Tak disangka kampus yang berada di daerah Kupang ini menjadi peringkat nomor 1. Kampus ini diketahui berdiri sejak tahun 1962, salah satu kampus Negeri Ini juga menempati rangking biaya 130 dalam skala nasional.

Kedua Universitas Katolik Widya Mandira, ternyata kampus yang berlokasi di wilayah Kupang ini berada di peringkat nomor 2. Kampus ini berdiri sejak tahun 1982, salah satu kampus swasta kenamaan ini juga mendapat rangking 233 tingkat nasional.

Terakhir yaitu Universitas Timor, diketahui kampus yang terletak di daerah Kefamenanu ini menduduki peringkat nomor 3 dan kampus ini baru berdiri sejak tahun 2014, salah satu kampus Negeri unggulan ini juga berada di rangking ke-237 tingkat nasional.

Itulah informasi yang telah di himpun dari berbagai sumber yang telah disajikan, jika bermanfaat, silahkan sebagkan ke semua kontak media sosial anda, ketika anda sebarkan informasi baik, maka anda juga ikut membantu pembangunan terutama pendidikan di indonesia.

Pos terkait