Kapolri Pimpin Apel Operasi Ketupat 2023

Kapolri Pimpin Apel Operasi Ketupat 2023

Melanesiatimes.com – Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023. Gelaran ini dilakukan dalam rangka mengamankan proses ibadah dan mudik selama libur Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 M mendatang.

Bacaan Lainnya

Apel tersebut dipimpin oleh Kepala Kepolisian RI Listyo Sigit Prabowo. “Apel ini senantiasa untuk mengecek kesiapan Operasi Ketupat. Kita senantiasa mewujudkan mudik yang aman dan berkesan,” ujar Kapolri Sigit dalam amanatnya, Senin (17/4/2023).

Kapolri menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yang mengatakan bahwa tahun 2023 ini diperkirakan akan terjadi lonjakan besar jumlah pemudik. “Diperkirakan pemudik pada tahun 2023 berjumlah 123,8 juta. Jumlah ini meningkat 44,8% dari tahun 2022 lalu yang berjumlah 85,5 juta,” ungkapnya.

Kapolri juga menegaskan Operasi Ketupat pengamanan arus mudik ini akan berlangsung mulai tanggal 18 April sampai 1 Mei 2023.

“Operasi ketupat tahun 2023 ini akan melibatkan kurang lebih 148.261 personil gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Kementerian terkait, BMKG, BNPB, Basarnas, Ormas, Pertamina, Jasamarga, Jasa Raharja, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan selurus jajaran yang terkait,” ujar Kapolri.

Untuk mendukung hal tersebut, Kapolri juga mengatakan telah diterbitkan SKB yang diantara mengatur pembatasan operasional angkutan darat, sistem One Way dan Contra Flow, serta penyeberangan pada pelabuhan Merak dan Juwana.

“Untuk para peserta mudik kami akan sampaikan untuk hati-hati, jangan terburu-buru, kalau capek harus istirahat, dan patuhi peraturan yang diatur oleh petugas untuk mengurangi kemacetan maupun kecelakaan,” tutup Kapolri.