Pemda NTT Terima Kunjungan Delegasi Republik Demokratik Timor Leste 

Melanesiatimes.com – Pemerintah Provinsi NTT yang diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT, Johanna E.Lisapaly, SH, M.Si, pada akhir bulan Nopember 2022 menerima kunjungan dari Delegasi Republik Demokratik Timor leste  yang dipimpin oleh Drh. Domingos Gusmao, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, disampingi Drh. Joanita Bendita da Costa Jong, Direktur Nasional Kesehatan Hewan RDTL, Carlos Antunes Amaral Direktur Nasional Peternakan, Venacio Oliveira Direktur Nasional Karantina dan Biosekuriti, Frumencio Costa Araujo de Jesus, Penasehat Mentri Pertanian dan Perikanan, Fransisco Gusmao, Kepala Kabinet Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Bacaan Lainnya

Baca juga : Tempat Berlibur di Ujung Barat Pulau Flores

Pertemuan  yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Peternakan Provinsi NTT, membahas penanganan penyakit hewan diantara kedua pemerintah, diantaranya penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Lumpy Skin Disesase (LSD), Avian Influenza (AI) dan Brucellosis.

Data menunjukan bahwa Penyakit Mulut dan Kuku telah mewabah di sebagian besar Provinsi penghasil Ternak Bersar (Sapi, Kerbau dan Kuda). Namun Nusa Tenggara Timur merupakan Provinsi yang belum/tidak terkena penyakit tersebut.

Baca juga : Tempat Berlibur di Ujung Barat Pulau Flores

Langkah-langkah strategis  telah dilakukan oleh pemerintah NTT untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut. Mulai dari pembentukan Tim Koordinasi lintas sektoral lewat regulasi yang diterbitkan , sampai dengan sosialisasi  yang intensif kepada masyarakat dalam rangka pencegahan penyakit Mulut dan Kuku dan Penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) serta upaya pembebasan  penyakit IA dan Brucellosis.