Menu

Mode Gelap
Aksi Depan KPK, Aliansi Pemuda Cinta Indonesia Dikepung Preman  Finlandia Tertarik dengan Kota Pintar di IKN Koordinator Nusa Ina Connection, Apresiasi Pernyataan Menteri Kordinator Bidang Polhukam Mahfud MD Presiden Jokowi Minta Perang Ukraina Segera Dihentikan Pemerintah Kembali Buka Ekspor Minyak Goreng

Holiday WIB

Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Teluk Wondama


 Search Image : telukcenderawasihnationalpark Perbesar

Search Image : telukcenderawasihnationalpark

Melanesiatimes.com – Pekan Kebudayaan Daerah telah selesai dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selama tiga hari mulai 28 November hingga 30 November 2022, kegiatan tersebut berlokasi di Taman Masaoya Topai, Wasior, menampilkan berbagai macam atraksi kesenian dan budaya, serta kearifan lokal masyarakat Kabupatek Teluk Wondama.

Banyak atraksi kesenian dan budaya yang ditampilkan dalam Pekan Kebudayaan Daerah antara lain parade baju nusantara, atraksi tokok sagu, pengolahan buah hitam, cerita rakyat, balengan dan suling tambur, astraksi tari kreasi dari sanggar tari serta pameran kerajinan dan kuliner masyarakat dari berbagai kampung yang ada di Kabupaten Teluk Wondama.

Balai Besar Taman Nasional turut terlibat dengan memfasilitasi kelompok desa binaan dalam memasarkan hasil-hasil kerajinan. Salah satunya adalah dari Kelompok Ekowisata Wadowun Beberin Kampung Aisandami berupa kerajinan tangan dan produk olahan kerupuk teripang. Adapula kerajinan cantik hasil karya kreatif dari mama-mama Kampung Aisandami, antara lain: tas, piring, vas bunga, keranjang, hiasan dinding, kalung, anting-anting, sirkam rambut dan ukiran.

Kepala Seksi PTN Wilayah III Aisandami, Cores Y. Makamur mengatakan bahwa Pekan Kebudayaan Daerah ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk kerajinan dan olahan yang dihasilkan oleh kelompok desa binaan BBTNTC.

Banyak potensi sumber daya alam dan budaya dapat dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di TNTC, terutama di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, salah satunya Kampung Aisandami. Kelompok Ekowisata Wadowun Beberin yang mengelola wisatanya telah mengemas ke dalam paket-paket wisata, antara lain: pengamatan burung Cendrawasih di Gunung Papisyowi, trekking ke Air Terjun Mambi, canoeing di hutan mangrove, bameti (tradisi memungut ikan kerang dan udang pada saat air laut surut). Selain paket wisata, terdapat juga homestay yang bisa dihuni oleh wisawatan saat berwisata ke Kampung Aisandami.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lima Tempat Wisata Dengan Peringkat Teratas di Swedia

9 Oktober 2022 - 17:20 WIB

Vasa Museum

Selamat Datang Perubahan Pemandangan

12 Maret 2022 - 00:30 WIB

Pengalaman Perjalanan Baru di Boracay, Perlu Kamu Coba

11 Maret 2022 - 20:54 WIB

Wisata ke Rumah Unik Wae Rebo

6 Februari 2022 - 14:01 WIB

Tempat Berlibur di Ujung Barat Pulau Flores

6 Februari 2022 - 13:46 WIB

Desa Wisata Arborek

5 Januari 2022 - 21:00 WIB

Trending di Holiday