Konsultasi Seni & Budaya MSG Dengan Komisi Kebudayaan Nasional PNG fokus pada Pertemuan Menteri Budaya dan Seni MSG

(L-R) Mr. Thomas Kahia, Sports Development Officer, Mr. Peter Eafeare, Deputy Dg, Mr. Bola Noho, Senior Executive Officer, National Culture Commission, Mr. Simione Tuimalega, Arts and Cultural Officer, MSG Secretariat, Mr. John Susuve, Chair MSG Sports Committee dan Mr. Bill Henry, Sport Development Officer MSG Secretariat.(Foto : msgsec.info)

Melanesiatimes.com – Diskusi difokuskan seputar persiapan untuk Pertemuan Menteri Kebudayaan dan Seni (MCAM) ke-7 yang akan diadakan di Kokopo, Papua Nugini akhir tahun ini selama konsultasi tim Olahraga dan Seni dan Budaya MSG dengan Komisi Kebudayaan Nasional PNG (PNCC) pekan lalu saat tim berada di Papua Nugini.

Bacaan Lainnya

Pertemuan Menteri Kebudayaan dan Seni ke-6 diadakan setelah suksesnya pementasan MACFEST ke-6 (Melanesian Arts Festival) di Honiara pada Juni 2018. MCAM di Honiara memutuskan beberapa usaha penting termasuk pengaturan Kelompok Kerja untuk mengembangkan konsep dan dokumen panduan tentang Kontes Miss Melanesia dan Festival Musik Melanesia.

Terlepas dari persiapan untuk Pertemuan Menteri Kebudayaan dan Seni tingkat tinggi berikutnya, Komisi Kebudayaan Nasional PNG memberikan Tim MSG beberapa wawasan tentang proyek dan program budaya yang sukses yang saat ini dikoordinasikan oleh Komisi yang dapat direplikasi untuk mendorong dan memperkuat pelestarian budaya di kabupaten Anggota MSG lainnya. Ini termasuk proyek-proyek yang sedang berlangsung seperti Budaya dan Pendidikan, pemetaan Budaya di Provinsi yang berfokus pada pelestarian, pengamanan dan promosi Seni dan Budaya di Papua Nugini.

Mengingat MACFEST ke-6 di Honiara, DDG Eafeare mengatakan bahwa dari semua acara MSG, satu acara yang berhasil mengumpulkan lebih dari 6.000 peserta dari semua negara Anggota MSG ke Honiara adalah Melanesian Arts and Cultural Festival (MACFEST), menekankan pentingnya Seni dan Budaya sebagai media yang membedakan Identitas sejati kita sebagai Melanesia dari seluruh dunia.

Wakil Direktur Jenderal Eafeare, juga menyoroti keberhasilan pementasan Festival Seni Nasional ke-4 di Malekula, Vanuatu sebagai inisiatif Nasional yang beresonansi dengan kesediaan dan tekad negara anggota untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya dan identitas mereka.

DDG Eafeare dan tim berterima kasih atas upaya mereka dalam melakukan perjalanan ke Negara-negara Anggota untuk berkonsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan tentang bagian-bagian penting dari gaya hidup Melanesia kami oleh Mr. Bola Noho, Eksekutif Budaya Senior Komisi Budaya Nasional PNG. Dia mengakhiri pertemuan dengan mengakui kepemimpinan Direktur Jenderal MSG Duta Besar Amena Yauvoli dan memuji DG untuk memastikan Sekretariat MSG melaksanakan Konsultasi ini dengan Negara-negara Anggota.

Tim MSG Sports, Arts and Culture saat ini berada di Honiara pada putaran terakhir konsultasi mereka sebelum kembali ke Port Vila untuk mulai menyusun kesimpulan mereka. (Sumber : msgsec.info)