Konsultasi Program Budaya Seni MSG di Fiji Positif

Standing L to R – Mr. Simione Sevudredre Principle Officer- iTaukei institute of Language and Culture, Mr. Josefa Toganivalu Deputy Chief Executive Officer iTaukei Affairs Board, Mr. Simione Tuimalega MSG Arts and Cultural Officer, Mr. Elia Nakoro Archaeological Unit -Fiji Museum Seated L to R - Ratu Isireli Vananalagi Vesikula Chairman iTaukei Land and Fisheries Commission, Mr. Peter Eafeare Deputy Director General Melanesian Spearhead Group Secretariat, Nyonya Merilyn Tagicakibau Direktur Institut Bahasa dan Budaya iTaukei

Melanesiatimes.com -Tim program Olahraga, Seni dan Budaya di bawah kepemimpinan Bapak Peter Eafeare Wakil Direktur Jenderal Sekretariat MSG melakukan perjalanan ke Fiji pekan lalu melakukan konsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang mewakili masing-masing sektor. Konsultasi dengan Forum Seni dan Budaya Fiji bersama dengan Direktur dan CEO dari berbagai agensi iTaukei mengungkapkan beberapa cara menjanjikan di mana Seni dan Budaya Melanesia dapat bergerak maju dan mempertahankan rencana kemakmuran kita dari satu Melanesia.

Bacaan Lainnya

Eksekutif Dewan Seni Fiji (FAC), berbagi beberapa poin penting dengan tim tentang menjadi anggota Federasi Internasional Dewan Seni dan Badan Kebudayaan (IFACCA) dan pentingnya MSG membentuk kelompok sub-regionalnya sendiri melalui IFACCA untuk memungkinkan seni dan budaya Melanesia dilihat dan diakui secara internasional. Pada September 2018, mou antara Sekretariat MSG dan Federasi Internasional Dewan Seni dan Badan Kebudayaan (IFACCA) ditandatangani. Dokumen tersebut sedang dilihat dengan cermat untuk mengubahnya menjadi dokumen kerja untuk kepentingan sub-wilayah Melanesia.

Wakil Direktur Jenderal Eafeare, yang memimpin konsultasi atas nama Direktur Jenderal Amena Yauvoli dalam sambutannya selama diskusi menyatakan “Budaya dan Tradisi bukan hanya tentang cara kita berpakaian, gaya kita bernyanyi dan menari, pada kenyataannya itu adalah pendekatan holistik bahwa Pemuda kita, di masa menganggur ini harus tahu siapa kita, dari mana kami berasal dan ke mana kami menuju.” Dia menambahkan pentingnya peran Sekretariat dalam mengarahkan program-program penting ini “Sekretariat ada di sini untuk memfasilitasi program-program ini, para pemimpin kami telah mengamanatkan Sekretariat untuk menyampaikan program-program ini di negara-negara anggota kami untuk memastikan kami menyelaraskan diri dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kemakmuran MSG untuk Semua Rencana, Bab 3, Inklusivitas Sosial dan dalam Strategi 13, menguraikannya dengan jelas dan rancangan visi Rencana Strategis Olahraga 2022 kami adalah, “Melanesia Aktif.”

DHe menambahkan pentingnya peran Sekretariat dalam mengarahkan program-program penting ini “Sekretariat ada di sini untuk memfasilitasi program-program ini, para pemimpin kami telah mengamanatkan Sekretariat untuk menyampaikan program-program ini di negara-negara anggota kami untuk memastikan kami menyelaraskan diri dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kemakmuran MSG untuk Semua Rencana, Bab 3, Inklusivitas Sosial dan dalam Strategi 13, menguraikannya dengan jelas dan rancangan visi Rencana Strategis Olahraga 2022 kami adalah, “Melanesia Aktif.”

Agenda untuk konsultasi program Seni dan Budaya perdana adalah untuk memenuhi titik fokus budaya di Negara-negara Anggota MSG dan membahas strategi untuk bergerak maju dan mengimplementasikan keputusan yang dibuat dari pertemuan ke-6 Menteri Seni dan Budaya yang berlangsung di Kepulauan Solomon pada tahun 2018 dan untuk mempersiapkan dan mengkonfirmasi tanggal untuk pertemuan Tingkat Menteri kedua di Papua Nugini. Tim selanjutnya akan membahas hasil Simposium Budaya dan Festival Seni dan Budaya Melanesia ke-6 yang diadakan pada bulan Juli 2018 dan memulai dialog menuju persiapan Festival Seni dan Budaya Melanesia ke-7 yang akan diadakan di Vanuatu pada tahun 2022.

Anggota tim perjalanan, Mr. Simione Tuimalega Arts & Culture Officer menyebutkan selama konsultasi pentingnya orang Melanesia bekerja sama untuk mempromosikan Seni dan Budaya kita yang kaya, “Festival yang saat ini diadakan adalah cara yang bagus untuk menegakkan pentingnya seni dan budaya kita tetapi ada juga dengan cara lain yang perlu kita manfaatkan untuk mendorong dan memberdayakan kaum muda kita untuk berpartisipasi dan bangga dengan budaya kita. Ini pada gilirannya membantu mereka menjadi pendukung kuat tradisi kita agar mereka mewariskan budaya dan seni kita kepada generasi masa depan kita.”

Meleti Bainimarama, Sekretaris Tetap Urusan iTaukei, berterima kasih kepada Wakil Direktur Jenderal Eafeare dan timnya atas kerja keras dan dorongan mereka dalam mengunjungi Negara-negara Anggota untuk mempresentasikan inisiatif ini sebelum ia mengakui dan memuji kepemimpinan Direktur Jenderal MSG Duta Besar Amena Yauvoli dalam memastikan Sekretariat MSG untuk menyatukan orang-orang Melanesia sebagai satu kesatuan. Dia menegaskan jaminannya bahwa Kementerian Urusan iTaukei akan terus mendukung dan membantu Sekretariat jika diperlukan tentang bagaimana Seni dan Budaya dilestarikan, dipromosikan dan dijaga oleh semua negara anggota.

Tim Olahraga, Seni dan Budaya Sekretariat MSG dari Ketua Tim Mr. Peter Eafeare Wakil Direktur Jenderal, Mr. Simione Tuimalega, Petugas Seni dan Budaya dan Mr. Bill Henry, Petugas Pengembangan Olahraga mengadakan konsultasi di PNG minggu ini dengan putaran terakhir konsultasi diadakan di Kepulauan Solomon awal bulan depan. (Sumber : msgsec.info)