Widya Pratiwi Murad Ismail : Semoga Petani di Seluruh Tanah Air Semakin Makmur

Melanesiatimes.com – Ada berbagai macam hal yang dapat dibanggakan dari Indonesia, salah satunya adalah pencapaiannya di industri kopi. Faktanya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan produksi kopi terbesar di dunia. Bahkan, pada tahun 2019, Indonesia berhasil menempati posisi ke-4, tepat sesudah Brasil, Vietnam, serta Kolombia. Hebat, bukan?

Tapi, pencapaian besar ini nggak terjadi begitu aja, loh! Ada berbagai upaya dari pemerintah serta petani kopi lokal agar kopi Indonesia tetap menjadi salah satu yang terbaik dan tetap disukai, baik di dalam maupun di luar negeri.

Meningkatkan Penjualan Kopi

Bacaan Lainnya

Jika ada demand yang tinggi, tentu aja supply jadi meningkat. Halini juga berlaku pada produksi kopi di Indonesia. Menurut data dari International Coffee Organization (ICO), masyarakat Indonesia mengonsumsi sekitar 51% dari produksi kopinya pada kurun tahun 2018–2019. Persentase konsumsi kopi domestik ini terbilang yang paling besar di seluruh dunia.

Nah, dengan kebiasaan minum kopi setiap hari, kamu akan ikut andil dalam mendongkrak nilai penjualan ini. Hasilnya tidak hanya direalisasikan dalam bentuk pencapaian negara, kamu pun turut mendukung pencaharian para petani lokal dan keberlangsungan hidup mereka.

Instagram : Widya Pratiwi Murad Ismail

Widya Pratiwi Murad Ismail mengucapkan : Selamat Hari Kopi Nasional. Semoga petani di seluruh tanah air semakin makmur dan sejahtera, sehingga dapat membenahi perekonomian bangsa serta memajukan pasar kopi Indonesia di kancah Internasional. Amin