Kronologis Penemuan Kerangka Manusia di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Maluku

Melanesiatimes.com – Nahas, telah di temukan mayat Seorang Wanita (Kerangka Manusia) bernama Anisa Rumonin (alm) umur, 18 Tahun berasal dari Desa Aroa, Kecamatan Pulau Gorom, adapun pekerjaan sebagai Pelajar.

Dari hasil olah TKP yang dilakukan Kepolisian Resort Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) telah ditemukan kerangka manusia yang tertutup karung dan pasir serta daun kelapa dengan Identitas sebagai berikut  : Korban menggunakan jilbab warna pink, sepasang sepatu lengkap, dengan celana dan baju yg sudah sobek dan bercampur tanah serta memiliki tas selempang.

Korban ditemukan di Pantai Keter Dusun Samboru, Desa Kataloka, Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten SBT, Provinsi Maluku. Rabu, (09/02/2022) pukul 09.00 waktu setempat.

Bacaan Lainnya

Berikut Kronologis selengkapnya sebagaimana informasi yang di rilis Reskrim Polres Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Sabtu (12/02/2022).

Telah datang seorang Laki-laki bernama Suhardi Parera di Polsek Gorom Kec. Gorom Kab. SBT, melaporkan mengenai adanya peristiwa Pembuangan mayat seorang Perempuan Sdri. ANISA RUMONIN yang terjadi pada tanggal 16 November 2021 yang dilakukan oleh Terlapor ANDI LAU TUHUTERU.

Menurut Keterangan Saksi SUHARDI PARERA, saat itu terlapor bercerita bahwa terlapor Sdr. ANDI LAU TUHUTERU yang adalah berprofesi sebagai Ojek sedang membonceng seorang Penumpang wanita (Korban Sdri. Alm ANISA RUMONIN) dengan mengunakan sepeda motor merek Honda Beat warna Pink Hitam dengan Nopol DE 3876 NN dari dekat Pelabuhan Kataloka, dengan tujuan ke Desa Aroa yang jaraknya kurang lebih 5-6 KM.

Nahasnya lagi, ketika dalam perjalanan korban terjatuh disekitar jalan Pantai Keter Desa Kataloka sehingga korban mengalami luka pada bagian kepala dan tidak sadarkan diri.

Karena panik, terlapor membawa korban ke lokasi pantai keter Desa Kataloka Dusun Samboru dan untuk menghilangkan jejak.

Lebih lanjutnya, sebagaimana informasi yang di terima wartawan, Sabtu (12/02)2022). Waktu setempat, korban dibuang oleh terlapor, Sdr ANDI LAU TUHUTERU ke dalam lubang dengan kedalaman kurang lebih 2 meter.

Pukul 21.00 WIT terlapor datang meminta bantuan kepada Saksi Sdr. SUHARDI PARERA untuk membantunya menguburkan korban dan karena rasa penasaran dengan cerita Terlapor sehingga Saksi mengikuti Terlapor ke TKP dan setelah tiba di TKP Saksi melihat benar ada sosok mayat seorang perempuan sehingga saksi ketakutan dan menjauh dari TKP.

Alhasilnya setelah mendapat Laporan dari Saksi Sdr. SUHARDI PARERA, Personil Polsek Gorom mendatangi terlapor ANDI LAU TUHUTERU dan melakukan interogasi dan dari hasil interogasi, terlapor membenarkan peristiwa yang diceritakan oleh Saksi SUHARDI PARERA sehingga Polsek Gorom langsung mendatangi TKP di pantai Keter Desa Kataloka Dusun Samboru.

Adapun tindakan yang telah dilakukan oleh Polsek Gorom sebagai berikut :

1). Membawa Kerangka Manusia beserta Saksi Sdr SUHARDI PARERA dan Terlapor Sdr ANDI LAU TUHUTERU ke Polres SBT untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

2). Berkoordinasi dengan Dokter Arkipus (Dokter Forensik pada RSUD Masohi) untuk dilakukan pemeriksaan Forensik terhadap kerangka Manusia yang ditemukan di Dusun Samboru, Desa Kataloka, Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten SBT, Provinsi Maluku.

3). Melakukan profiling terhadap data yg tercantum dlm Kartu KIS An/ Sdr. Ganti Rumonin dan melakukan penyelidikan ke Desa Aroa yg menurut keterangan terlapor adalah tempat tujuan si korban.

4). Berkoordinasi dan melakukan penggalangan dengan para tokoh masyarakat guna menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Polsek Gorom.

Untuk diketahui, bahwa, dari hasil pemeriksaan medis pada Jenazah, sementara terdapat retak di bagian dahi sebelah kiri (Fraktur compresi) dan di dalam rongga ditemukan ada gumpalan hitam yang kemungkinan adalah darah beku. Namun kepastiannya tunggu hasil forensik secara lengkap.

AKP La Beli : KASAT RESKRIM POLRES KABUPATEN SBT