Widya Murad Ismail, Lakukan Kunjungan Kerja Monitoring dan Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting di Aru

Melanesiatimes.com – Selama tujuh tahun terakhir, pemerintah telah berhasil menurunkan prevalensi stunting di Indonesia dari 37,2 persen pada 2013 menjadi 27,7 persen pada 2019. Saat ini, pemerintah tengah berupaya mencapai target prevalensi stunting 14 persen pada akhir 2024.

Bacaan Lainnya

Untuk mencapai target tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta berbagai pihak yang terkait agar segera menyusun Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dengan bertumpu pada 5 pilar, yaitu Komitmen Politik dan Kepemimpinan Nasional dan Daerah; Kampanye Nasional dan Komunikasi Perubahan Perilaku; Konvergensi Program Pusat, Daerah, dan Masyarakat; Ketahanan Pangan dan Gizi; serta Monitoring dan Evaluasi.

“Pada kesempatan ini, saya meminta aga Rencana Aksi Nasional tersebut segera disusun dengan mengacu pada 5 pilar utama tersebut,” pinta Wapres saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Pencegahan Stunting Tahun 2021 melalaui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Senin (23/08/2021).

Menyambut program dan arahan Pemerintah Pusat sebagaimana disampaikan diatas. Provinsi Maluku dalam hal ini Ketua TP PKK Maluku pun melakukan aksi ke berbagai Kabupaten atau Kota di Maluku, salah satunya di Kepulauan Aru.

Widya Murad Ismail, telah melakukan Kunjungan Kerja Monitoring dan Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kepulauan Aru. Senin, 20 – September – 2021.

Selain itu, Ketua TP PKK Maluku ini menyampaikan bahwa, sebelumnya di tahun 2019, “kami mengunjungi Kepulauan Aru di Desa Wakua, kali ini Desa yang kami kunjungi adalah Desa Tunguwatu yang terletak di Kecamatan Pulau Aru. Jelas, sebagaimana terdapat dalam postingan, instagram @widyamuradismail, (Senin/20/09/2021).

Terakhit dalam postinganya, Istri Gubernur Maluku itu, mengucapkan, terima kasih atas sambutan yang sangat luar biasa dari masyarakat desa Tunguwatu, Bapak Bupati Kepulauan Aru, Ibu Ketua TP PKK sekaligus Jinang Parenting Kepulauan Aru, Ibu Wakil Ketua TP PKK Kepulauan Aru, serta seluruh pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku yang berkenan hadir bersama untuk melihat kondisi masyarakat di desa Tunguwatu.

#BundaWidya
#InaLatuMaluku
#PKKMaluku

Pos terkait