Golkar Bisa Terjun Bebas di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Kampanye Golkar Sumatera Utara (Foto : beritamanado)

MELANESIATIMES.COM – Pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Lembaga Survey Nasional, Etos Indonesia Institute, Iskandarsyah, menyatakan konvensi partai Golongan Karya (Golkar) yang akan dilakukan dengan segera oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi harapan semua orang. Menurutnya, hal tersebut jika dilakukan oleh Airlangga Hartarto akan memicu dinamika yang dinamis di tubuh Partai Golkar.

Bacaan Lainnya

“Apabila Ketum Golkar, pak Airlangga Hartarto berani melakukan Konvensi partainya, maka dinamika yang terjadi di tubuh Partai Golkar akan lebih dinamis”kata Iskandarsyah kepada wartawan, Sabtu, (10/04/2021) petang.

Pasalnya, lanjut dia, hal tersebut merupakan proses dan/atau tradisi yang selalu dijalankan oleh ketua-ketua umum Golkar sebelumnya guna menyaring kadernya yang benar-benar potensial untuk didorong pada Pilpres yang akan datang.

Namun demikian juga, ia menyoroti elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang dinilainya bakal dijagokan pada perhelatan Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, akan sangat berat bagi Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto jika tak mampu melakukan penjaringan yang meluas untuk menaikan elektabilitasnya yang diketahui hanya menyentuh pada internal partainya saja.

“Persoalannya Presiden dipilih oleh seluruh rakyat Indonesia dan rakyat Indonesia tidak semuanya partai Golkar, jadi saya analisa berat sekali” ucapnya

“Elektabilitas para ketum-ketum partai hari ini terjun bebas, alasannya beragam kata Iskandar, Bukankah pak Aerlangga Hartato seorang anak menteri di jaman ORBA?. Tidak pengaruh sedikitpun ke arah itu, lagian orang tua beliau saat jadi menteri di era-nya pak Harto bukanlah menteri yang menonjol dan dikenal publik” sambungnya lagi

Selain itu, ia meyakini konvensi partai digelar dan kekuatan transasksional bisa diredam akan sangat menentukan partai Golkar memunculkan nama personal yang dianggap layak untuk didorong pada Pilpres 2024 mendatang.

“Apabila konvensi partai digelar dan kekuatan transasksional bisa diredam, saya yakin partai Golkar akan memunculkan nama personal yang layak didorong di pilpres mendatang”ujarnya

Lebih jauh, Iskandarsyah menyoal kader partai yang dinilainya memiliki elektabilitas yang cukup mumpuni berdasarkan beberapa hasil survey yang menonjolkan Bambang Soesatyo yang dinilianya memiliki tingkat elektabilitas tinggi dari pada kader-kader partai Golkar lainnya, termasuk sang ketum Partai GokarAirlangga Hartarto

“Analisa saya memang cuma beliau kader partai Golkar yang mempunyai tingkat elektabilitas tinggi dari pada kader-kader partai Golkar lainnya, termasuk sang ketum nya” jelas Iskandarsyah mengakhiri wawancaranya.