Inilah Organisasi Warisan Belanda Yang Masih Hidup di Kawasan Melanesia

MELANESIATIMES.COM – Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah gerakan nasionalis atau organisasi yang didirikan tahun 1965 yang bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan Papua bagian barat dari Pemerintahan Indonesia. Sebelum era reformasi, provinsi yang sekarang terdiri atas Papua dan Papua Barat ini dipanggil dengan nama Irian Jaya.

Bacaan Lainnya

Sejarah terbentuknya opm papua ternyata warisan penjajah belanda. Video opm kibarkan bendera papua merdeka ternyata begini sejarah opm. Pada 1960-1963 terjadi konflik bersenjata antara militer Indonesia (TNI) dan militer Belanda untuk memperebutkan Irian Jaya (Papua).

Video OPM Papua warisan penjajah belanda di indonesia. Konflik militer dalam skala besar nyaris pecah setelah RI mengerahkan pasukannya secara besar-besaran

RI mengerahkan pasukannya secara besar-besaran (Operasi Jaya Wijaya) demi menggempur pasukan Belanda. Tapi sebelum konflik pecah dalam bentuk peperangan secara terbuka, Belanda memilih menyerahkan Irian Barat secara damai melalui PBB pada 1 Mei 1963. Video OPM tantang tni mengapa demikian. Sejarah terbentuknya opm organisasi papua merdeka apa tujuannya. Berita tentang opm papua yang meresahkan.

Sebelum menyerahkan Irian Barat ke pangkuan RI, Belanda telah melakukan langkah licik dengan secara diam-diam membentuk negara boneka Papua.Opm organisasi papua merdeka mengibarkan bendera bintang kejora di indonesia.

Belanda bahkan membentuk pasukan sukarelawan lokal bernama Papua Volunteer Corps ( PVC) yang sudah terlatih baik dan sempat bertempur melawan pasukan RI ketika melancarkan Operasi Trikora. Aksi opm di papua tuntut papua merdeka .

Sumber : YouTube  Рhttps://youtu.be/etTfjxpvtbA